Tutorial Optimasi SEO On-page Pada Blog yang Benar

Cara Optimasi SEO On page Pada Blog yang Benar

Tutorial Optimasi SEO On-page Pada Blog yang Benar | Blogger Deso251 – Sebenarnya optimasi Seo On-page itu tidak wajib jika anda tidak menginginkan trafik atau pengunjung yang berasal dari google. Seperti anda membuat artikel untuk memakai promosi iklan, optimasi SEO itu tidak tidak dibutuhkan karena anda tidak memakai search engine.

Namun, jika anda memang menginginkan trafik atau pengunjung yang berasal dari mesin telusur atau yang biasa disebut search engine maka anda Wajib Optimasi SEO On-page. Sebenarnya, optimasi SEO terbagi menjadi dua macam yaitu SEO On-page dan SEO Off-page. Tapi, pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas satu macam saja yaitu SEO On-page. Dilain artikel saya akan membahas lebih lanjut tentang SEO Off-page.

Baiklah, pertama-tama kita harus tau dahulu Apa Itu SEO?

Pengertian SEO Menurut Wikipedia:

Pengertian Seo Menurut Mbah Wikipedia – Optimasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah suatu proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (Visibilitas) pada sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil mesin pencari alami ataujuga sering disebut pencarian organik seperti google.

Lalu, Apa Itu SEO On-page?

SEO On-page, ya sesuai dengan namanya on-page yang artinya dalam halaman atau dalam artian sebuah aktifitas yang berkaitan dengan tujuan mengoptimasi blog anda yang berada didalam halaman atau mungkin bisa disebut didalam artikel. Tujuan optimasi SEO On-page adalah agar blog atau website anda bisa bersaing dengan competitor anda di mesin telusur google,bing,ask, dsb.

Berbeda dengan Optimasi SEO Off-page yang hanya bisa dilihat oleh pelaku optimasi, optimasi SEO On-page ini bisa dilihat oleh pengunjung yang datang ke blog anda. Lalu, manfaat mengoptimasi blog anda dengan SEO On-page antara lain:

  1. Membuat Blog Lebih SEO Friendly
  2. Mempermudah Search Engine / Mesin Telusur untuk mengindex blog anda.
  3. Mengundang dan Menyambungkan pengunjung untuk berdatangan sendirinya.
  4. Menaikan ranking blog anda di google atau bahkan alexa rank.
Terus, Cara Optimasi SEO On-page?

Jadi sob, untuk mengoptimasi seo onpage ini meliputi beberapa hal yang harus kalian ketahui yaitu antara lain:
  1. Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag
  2. Konten
  3. Outbound link
  4. Emphasize (Seperti memberi Bold, Italic, Underline, dan lain-lain).
  5. Image alt tag
  6. URL
Oke mari kita bahas satu-satu agar kalian lebih memahami lebih dalam.
  1. Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag
Jadi hal pertama yang harus kalian ketahui yang menjadi ketentuan google untuk menentukan apakah halaman kita relavan atau tidaknya dengan sebuah kata kunci dapat dilihat dari Titlenya.

Jadi letak title tag ini berada di judul artikel di title bar pada browser kalian, jadi hal ini harus kalian mengoptimasi agar google bisa dengan mudah mengindex blogspot/website kalian.

Untuk memberi Meta Description, harus memperhatikan beberapa hal sbb:
  1. Jangan mengulang suatu kata lebih dari dua kata
  2. Panjang maksimal 160 karakter
  3. Saya sarankan letakkan kata kunci yang akan kalian targetkan dibagian awal deskripsi.
Dan terakhir menambah Heading Tag pada blog atau sama saja dengan kalian berkata kepada google “ Ini adalah bagian terpenting, ini lebih penting, ini yang terpenting, dan ini bagian agak penting”.
Baiklah Mungkin Segitu dulu saja artikel dari saya, Akan dilanjut di artikel selanjutnya masih tentang Optimasi SEO On-page. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*