Tutorial Mengconvert Word Ke PDF

Cara konvert word ke pdf terbaru

Tutorial Mengconvert Word Ke PDF | BloggerDeso251 – Document word (.docx) merupakan format file dokumen bawaan dari aplikasi microsoft word. Dengan menggunakan format .docx file bisa dirubah isinya atau ditambah isi filenya. Untuk kamu seorang pekerja kantoran atau pembuat e-book pasti tidak mau kan hasil karya di ubah orang atau di edit isinya ? Maka dari itu file .docx ubah saja ke PDF.

PDF merupakan format file yang banyak digunakan untuk melindungi isi file supaya tidak bisa di edit. Dengan menggunakan format PDF juga ukuran file akan sedikit terkompress sehingga ukurannya menjadi lebih kecil dari format .docx. Namun, ketika kamu sudah terlanjur membuat file dengan format .docx dan bingung bagaimana cara merubahnya ke PDF, kamu tidak salah membaca artikel ini. Karena kali ini saya akan membahas bagaimana mengconvert file word ke pdf.

Cara merubah format file word ke PDF

Untuk merubah file document word ke pdf kita memakai situs pengkonfersi document word ke pdf. Alamat situs ini adalah www.ilovepdf.com. Melalui situs ini kita bisa mengkonvesi jenis file Ms. Word ke dalam format PDF, Word ke PDF, PDF ke JPG, atau JPG ke PDF dan format file yang lainnya.

Situs ini membantu kita untuk merangkum isi dari sebuah e-book dan saya sarankan jangan sampai merubah atau mengedit e-book tersebut karena hal itu melanggar hak cipta dan tidak menghargai karya orang lain.

Untuk menggunakan situs ini komputer kamu wajib untuk terhubung ke internet, karena nanti kita akan mengupload file yang ingin di konversi. Untuk kali ini kita akan mengkonversi file word ke PDF ya. Oke simak caranya. Tentu situs ini gratis untuk digunakan oleh siapapun.

  1. Siapkan file .docx yang akan di konversi
  2. Patikan bahwa komputer kamu terhubung ke internet dalam keadaan jaringan stabil ya.
  3. Langkah ketiga adalah buka situs www.ilovepdf.com di browser kamu, bisa dengan Mozilla Firefox atau Google Chrome.
  4. Untuk halaman pertama terdapat beberapa menu Marge PDF, Split PDF, Convert PDF dan More PDF Tools. 
  5. Karena kita akan mengkonversi file .docx (word) ke PDF maka pilih menu Convert PDF. Setelah itu akan muncul jendela baru dengan berbagai pilihan. Nah, pilihlah menu WORD to PDF.
  6. Selanjutnya adalah klik select WORD file yang nanti akan muncul jendela baru dimana kamu akan diarahkan ke folder komputer.
  7. Carilah dokumen word yang ingin di konversi menjadi PDF. Kemudian klik pada file nya dan klik Open. Secara otomatis file akan di unggah ke website tersebut dan tunggu hingga selesai.
  8. Setelah itu klik tombol CONVERT pada halaman paling bawah dan tunggu file terkonversi ke PDF.
  9. Biasanya hasil konversi akan secara otomatis terdownload di komputer kamu, tapi jika kamu menggunakan smartphone kamu harus mengklik tombol download terlebih dahulu. 
  10. Selesai dan file kamu sudah berubah menjadi PDF. Jika ukuran PDF terlalu besar silakan kompress langsung dari situs tersebut. 

Cara diatas merupakan cara bagaimana mengkoversi file word ke PDF dengan menggunakan situs ilovepdf.com, tentu saja cara ini mudah dan gratis. Jadi, untuk kamu yang sedang mencari tutorial cara mengconvert word ke pdf silakan menggunakan situs tersebut dan jangan lupa untuk membagikan kepada teman teman sobat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*