Tutorial Cara Optimasi SEO Off-page Pada Blog

Tutorial Cara Optimasi SEO Off-page Pada Blog 2018

Tutorial Mengoptimasi SEO Offpage | BloggerDeso251 – Sebelumnya saya sempat membahas artikel tentang SEO On-page ya, dimana SEO On-page itu sesuai namanya on-page yang berarti dalam halaman. Seluruh optimasi berada didalam halaman seperti mengoptimasi konten anda, url anda, dsb yang berkaitan dengan halaman blog anda.

Beda dengan SEO Off-page? Tentu, kalo dilihat dari namanya Off-page berarti bisa diartikan diluar halaman. Efek manfaat yang dihasilkan oleh optimasi SEO Off-page memang bukan main, selain bisa meningkatkan DA dan PA blog kita, optimasi SEO Off-page ini mampu mendobrak peringkat anda di mesin telusur google dan sebagainya. Memang, jika dikatakan mudah mungkin tidak. Namun, untuk mengoptimasi SEO Off-page ini harus dibutuhkan kesabaran yang extra karena hasil akan terasa saat 1 atau 2 bulan kedepan.

Dengan mengoptimasi SEO Off-page ini dalam kata lain kita berusaha untuk mendapatkan posisi di SERP ( Search Engine Result Pages ) atau dalam bahasa Indonesia hasil halaman mesin telusur. Salah satu teknik untuk memenangkan posisi di SERP yaitu dengan melakukan optimasi SEO Off Page, seperti yang saya lakukan. SEO Off Page dapat dimaksimalkan dengan bantuan pihak ketiga seperti backlink, sosial media dan tool webmaster. Dari contoh tersebut dapat kita ambil kunci bahwa optimasi SEO Off Page dilakukan dari luar, bukan melalui template ataupun postingan artikel kita.

Lalu, apa saja Manfaat Optimasi SEO Off-page?

  1. Artikel dan Blog lebih cepat untuk Terindex Search Engine
  2. Meningkatkan DA PA Blog anda.
  3. Bisa menempati halaman pertama di Google
  4. Dan lain-lain
Okelah, kita langsung saja ke inti pembahasan yaitu Tutorial Optimasi SEO Offpage.
  1. Pertama, Memanfaatkan Tool Websmaster
    Hal yang bisa dilakukan oleh Tool Websmaster antara lain:
    1. Submit sitemap website
    2. Mengedit file robot.txt
    3. Melakukan pengelompokan dan penyorotan artikel
    4. Menghapus link rusak yang ada
    5. Memantau backlink yang didapat
    6. Memantau halaman yang terindex
    7. Menyetel domain website

    Dengan tool websmaster ini, adalah salah satu langkah pertama agar blog kita dapat terindex oleh search engine.

  2. Kedua, Mempromosikan di Sosial Media
    Jika anda mempunyai sosial media baik itu facebook, twitter, instagram, dsb. Itu bisa sangat berguna untuk blog kita karena jika kita mempromosikan blog kita biasanya kita akan mendapatkan backlink dari sosial media yang kita pakai untuk promosi.

    Selain itu, anda bisa membuat fanspage di sosial media lalu mengaitkan link nama domain blog anda di bio profile anda dan menshare setiap ada artikel terbaru anda, itu juga bisa membuat anda mendapatkan backlink dari Website Sosial media.

  3. Ketiga, Melakukan Blog Walking ke Website Tua
    Apa itu blog walking? Blog walking bisa diartikan seperti meninggalkan jejak pada website orang lain. Contohnya anda bisa berkomentar secara relavan ke blog/website orang lain yang memang sudah cukup berumur dan tak lupa mengaitkan link domain anda di komentar tersebut.

    Hal ini tentu saja bertujuan agar kita mendapatkan backlink dari blog/website yang berumur tua tersebut. Tak lupa, pastikan blog/website yang berumur tua tersebut memiliki DA / PA yang tinggi ya.

  4. Keempat, Menyubmit Link Blog anda ke Website Directory
    Sama halnya, menyubmit link blog ke website directory ialah untuk mendapatkan backlink juga. Karena web directory menyediakan tempat untuk menyubmit link blog serta deskripsinya.
Sekian artikel tentang Tutorial Cara Optimasi SEO Off Page pada Blog atau website. Jika bermanfaat silahkan bagikan ke sosial media ataupun teman dan kerabat yang membutuhkan terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*