Tutorial Cara Konfigurasi Samba (Sharing File) Pada Debian 7

Tutorial Cara Konfigurasi Samba (Sharing File) Pada Debian 7, Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah cara untuk mengkonfigurasi samba pada debian 7. Samba disini berfungsi untuk melakukan sharing file ke pengguna lain dalam satu jaringan yang sama. Jadi, user yang ingin mengirim atau meminta file harus berada pada jaringan yang sama dan tidak akan bisa berbagi file jika berada pada jaringan yang berbeda tanpa media penghubung.


Langkah – langkah Konfigurasi Samba

1. Masuk ke root directory atau root server.
2. Jika kamu belum menginstall samba pada debian 7, silakan install terlebih dahulu dengan mengetikkan perintah berikut ini : apt-get install samba. Kemudian tekan enter pada keyboard. Setelah terinstall saatnya untuk mengkonfigurasi samba dengan melakukan beberapa macam langkah berikut ini.
3. Untuk konfigurasu langkah pertama adalah dengan mengetikkan perintah berikut : nano /etc/samba/smb.conf Kemudian tekan enter.
4. Setelah menekan enter akan muncul beberapa kode yang merupakan isi dari file smb.conf. Perhatikan baris kode nomor 2 yang berisi # security = user. Nah, pada kode tersebut silakan ubah user menjadi share, dan hapus tanda pagar sebelum kata server. Hasil dari edit kode tersebut adalah security = share.

Maksud dari kode security = user adalah kita akan melakukan sharing file tapi setiap orang harus login pada setiap directory dan itu akan sangat mengganggu serta membuang buang waktu. Tetapi ketika sudah di edit menjadi security = share maka kita dapat menentukan directory mana yang dishare dan bisa diakses secara anonymous.
5. Langkah ke lima adalah perhatikan pada baris ke 275 yaitu pada kode valid users = %S. Kode tersebut berarti samba masih menganggap user valid saja yang bisa akses directory. Sehingga ubah kode tersebut ke kode beriku # valid users = %S (tambahkan tanda # didepan), kode disamping akan membuat samba tidak menganggap valid user dan membiarkan pengguna anonym mengakses directory yang di share.
6. Pada line paling bawah silakan tambah beberapa baris kode berikut ini :

[DriveD]path =  /home/sambavalid users = danisdirectory mask = 0777guest only = noguest ok = no


penjelasan : [DriveD] adalah nama directori yang akan dishare. Path = /home/samba merupakan lokasi file yang nantinya akan melakukan sharing. Valid users = danis berarti hanya user danis saja yang diijinkan untuk mengakses direktori samba di home. directory mask = 0777 berarti direktori /home/samba mendapatkan hak akses untuk menyalin file, menghapus dan mengedit. guest only = no dan guest ok = no itu berarti user tanpa data login akan tertolak.
7. Jika ingin membuat direktori baru untuk sharing file silakan ketik perintah berikut. Kali ini saya gunakan contoh direktori bernama samba. Kodenya adalah sbb : mkdir /home/samba. Mkdir adalah kode untuk membuat direktori baru.
8. Cobalah buat file berekstensi .doc dengan menggunakan perintah berikut : touch /home/samba/tkj.doc

9. Buat user yang didaftarkan di dalam file smb.conf dan buat password pada user tersebut. Perintahnya adalah sebagai berikut :

smbpasswd –a danisNew SMB password :Retype New SMB password :Added user danis.

Fungsi –a adalah untuk membuat password baru.
10. Langkah terakhir adalah restart samba dengan menggunakan perintah berikut : service samba restart.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*