Trik mengatasi template blog yang error setelah ganti baru

Trik mengatasi template blog yang error setelah ganti baru,- Sebuah blog yang sukses adalah blog yang memiliki pengunjung stabil setiap harinya. Salah satu penentu pengunjung mau datang lagi adalah responsifitas blog dan juga tampilan yang mobile friendly.


Kenapa mobile friendly ? Karena percaya atau tidak saat ini pengunjung blog mayoritas dari browser smartphone mereka. Kabar buruknya buat kamu yang sudah lama ngeblog dan template yang kamu gunakan belum support tampilan mobile, mestinya kamu harus menggantinya ke template yang baru dan support tampilan mobile.


Apa yang terjadi jika template diganti ?


Ketika blog kamu sudah mendapatkan trafik organik dari search google biasanya jika kamu ganti template maka trafik akan turun. Kenapa bisa turun ? Karena mesin google perlu mengenali kembali blog kamu mulai dari struktur template bahkan beberapa kode yang ada di blog kamu.

Ketika kamu sudah melakukan pergantian template jangan lupa untuk mensubmit ulang sitemap ke google web master, supaya blog cepat di index oleh google. Setelah di submit tidak serta merta langsung bisa stabil trafiknya, mungkin membutuhkan waktu sekitar sebulan supaya trafik kembali seperti sedia kala.

Setelah ganti template jangan lupa pula untuk selalu rutin update, agar google segera mengenali bahwa blog kamu adalah blog yang aktif. Tapi pernahkah kamu mengalami hal aneh setelah mengganti template di blog ? Misalnya, tampilannya acak-acakan atau ada bagian yang tidak rapih ? Padahal ketika trial, tampilannya bagus bagus aja.

Mengatasi Template Blog error setelah ganti baru


Sebelum masuk ke caranya, perlu kamu ketahui bahwa penyebab template yang error sebeneranya bermacam macam. Berikut adalah beberapa penyebab yang menjadikan template baru blog kamu menjadi error.

1. Template tidak support https

Di blogger tersedia fitur untuk mengaktifkan https sehingga situs aman di kunjungi oleh para pengunjung. Tapi ada juga template yang kode pemrogramannya belum support https, sehingga kamu perlu mengedit sedikit pada bagian kode yang terdapat “http”.

2. Masih ada kode program yang tertinggal dari template lama

Ini sering terjadi ketika kamu mengubah template blog dengan cara upload atau hanya dengan copas saja. Biasanya masih ada kode yang tertinggal dari template lama, sehingga template baru pun menjadi error dan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Membuat blank pada blog untuk mengatasi error karena kode yang tertinggal

Untuk penyebab kedua yakni template error karena masih ada kode yang tertinggal dari template lama, maka cara mengatasinya adalah dengan membuat blank tampilan blog. Maksud dari membuat blank adalah membuat blog menjadi halaman putih saja. Bagaimana caranya ? Simak langkahnya berikut ini.

1. Masuk ke dashboard blogger
2. Klik menu template dan edit HTML
3. Setelah muncul kode program template, silakan tekan CTRL+A kemudian klik delete pada keyboard.
4. Masukkan kode HTML berikut dibawah ini :
<?xml version=”1.0” encoding=”UTF-8” ?>
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Bloggerndeso</title>
<b:skin><![CDATA[]]></b:skin>
</head>
<body>
<b:section id=’bloggerndeso’/>
</body>
</html>
5. Setelah itu silakan simpan template dengan klik “simpan” tunggu hingga proses simpan selesai.
6. Silakan lihat blog kamu, apakah sudah blank putih atau belum. Jika sudah silakan langsung ganti dengan template yang baru.
7. Jangan upload template, tapi silakan buka template baru di notepad dan copas semua kodenya dengan tekan CTRL+A dan CTRL+C, kemudian pastekan ke blog dengan cara masuk ke menu template dan edit html.
8. selesai

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*