Tips Supaya Tidak Ketipu Barang KW saat belanja online

Tips Supaya Tidak Ketipu Barang KW saat belanja online,- Sebelum masuk toko online, dahulu orang selalu membeli barang kebutuhan di toko fisik, seperti mall, atau toko resmi brand tertentu. Jika membeli suatu barang secara langsung tentunya kita bisa memilih dan menghindari pembelian barang KW alias palsu.


Kelebihan dari membeli suatu barang secara langsung adalah kita bisa melihat dan mengecek kondisi barang pada saat itu juga. Meski di toko online kita bisa mengembalikan barang jika barang tidak sesuai keinginan, tentu memerlukan proses yang rumit untuk mengembalikannya.


Kenali Barang KW


Barang KW merupakan suatu barang yang dibuat meniru desain barang asli, bahkan menempelkan logo dari barang asli. Secara kualitas tentu berbeda dengan barang asli, karena barang KW dibuat oleh mereka yang tidak memiliki izin resmi dalam memproduksi dan memakai merk/logo suatu produk.

Bagaimana cara mengenali barang KW yang dijual secara online ? Jika kita bisa langsung mengetahui barang KW jika membeli secara langsung, maka cara mengetahui barang palsu ketika belanja online adalah dengan melihat tokonya atau si penjualnya.


Tips Agar Tidak Ketipu Barang KW saat Belanja Online di Marketplace


Berikut ini adalah tips mengenali barang KW jika kamu ingin membelinya secara online di marketplace seperti Bukalapak, Shopee dan lain sebagainya.

1. Mengecek Merk


Terkadang, judul yang diberikan oleh penjual di marketplace tidak sesuai dengan merk sebenarnya. Bisa saja judulnya Adidas, tetapi barangnya KW alias merk lokal yang hanya ditempeli merk lain. Memang secara desain bentuknya sama saja, tetapi kalau dilihat secara detail maka kualitas bahan akan berbeda.

Nah, cara mengeceknya adalah dengan melihat pada bagian deskripsi barang. Biasanya toko online seperti Shopee menyediakan deskripsi barang dengan informasi Merk. Untuk penjual yang benar benar menjual barang ORI biasanya akan menuliskan Merk pada deskripsi, tetapi untuk barang KW si Penjual biasanya menuliskan “Tidak Ada Merk”.

2. Melihat Feedback Pembeli


Feedback pembeli cukup membantu ketika kamu ingin membeli suatu barang melalui toko online. Jika bintang dan feedback yang diberikan cukup bagus maka kamu bisa memutuskan untuk membeli barang itu.

Tetapi jika feedback yang diberikan tidak bagus dari segi barangnya yang KW atau tidak baik, kamu bisa membatalkan belanja di toko tersebut. Tapi, jika feedback tidak baik karena pengiriman yang lama, mungkin kamu bisa mentoleransi hal itu, yang penting barang asli kan ?

3. Jangan Tergiur Barang Murah


BarangMurah belum tentu asli. Saat ini memang marketplace seperti Shopee berani besar besaran memberi diskon, tetapi hanya pada halaman seperti Flashsale atau menggunakan voucher diskon. Ada juga penjual yang menjual barang dengan harga yang sangat murah.

Meski toko tersebut sudah ada feedback bintang lima, tapi jangan tergiur meski harga nya murah. Saat ini kasus penipuan feedback juga marak, dengan ciri-ciri feedbacknya hanya beberapa saja dan berbintang lima tanpa memberikan komentar.

Lebih baik membeli barang yang memang benar benar asli dan terjamin kualitasnya meski harganya lebih mahal. Sebenarnya melihat feedback dan komentar para pembeli lain sudah cukup untuk mengetahui reputasi toko/penjual.

4. Beli barang di “Mall” atau Brand Resmi


Di marketplace saat ini sudah tersedia toko dari brand resminya. Sehingga barang yang dijual terjamin kualitas dan keasliaanya. Tetapi, biasanya harga di toko “Mall” atau brand resmi, harganya lebih tinggi dibanding penjual (suplier) yang memiliki stok barang banyak.

Membeli barang di brand resmi akan menghindari pembelian barang cacat. Karena di brand resmi barang yang akan dikirimkan pasti sudah dicek sesuai standardnya. Berbeda dengan membeli barang di toko bukan resmi (suplier/distributor) yang biasanya barang masih cacat tapi malah dikirimkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*