Tanpa Mikrotik Kamu bisa buat form login pada Wifi dengan cara ini


Tanpa Mikrotik Kamu bisa buat form login pada Wifi dengan cara ini,- Biasanya sebuah jaringan WIFI umum berbayar, terdapat sebuah form login yang mengharuskan pengguna untuk melakukan login dengan username dan password, setelah itu baru bisa digunakan untuk internetan.

Jika kamu adalah pemilik cafe atau tempat nongkrong yang memasang WiFi lebih baik dibuat berbayar. Kenapa ? Biar tidak ada yang beli 1 gelas minum dan nongkrongnya pun seharian. Jadi, biar ada sedikit untung dari penyediaan WiFi.

Untuk membuat WiFi berbayar tentunya dibutuhkan fitur keamanan, dimana pengguna yang ingin konek internet harus membeli username dan password terlebih dahulu. Setelah itu baru login dan bisa internetan.


Penggunaan Mikrotik


Untuk membuat form login pada sebuah WiFi biasanya dibutuhkan sebuah perangkat tambahan seperti mikrotik. Tetapi kamu tahu sendirikan berapa harga satu buah perangkat Mikrotik ? Tentunya mahal dan kalau ada cara gratisnya kenapa tidak ?

Tetapi perlu kamu tahu bahwa menggunakan mikrotik akan lebih terjamin keamanannya serta WiFi dapat berjalan meski tidak ada PC-Server yang aktif. Biasanya penggunaan mikrotik tersebut pada jaringan yang hanya di share dengan menggunakan perangkat tambahan seperti Hub, Router dan lainnya.

Membuat Form Login seperti mikrotik dengan software gratis


Untuk membuat form login, kamu bisa menggunakan software gratis yang harus terinstall di PC. Jadi, dengan kata lain PC kita harus selalu aktif dan terkoneksi internet supaya bisa selalu membagi jaringan ke pengguna lain melalui hotspot yang sudah diberi form login.

Berikut adalah langkah langkah untuk membuat form login pada WiFi.

1. Download dan install aplikasi Wificreator. Untuk windows 7 dan 8 kamu harus menggunakan aplikasi ini, tetapi untuk windows 10 seperti ada cara untuk membuat hotspot tanpa perlu aplikasi.

2. Setelah terinstall, buka Wificreator dan buat wifi dengan nama terserah kamu (ex. WifiKu) dan jangan lupa mengisi Network Key dengan password yang mudah diingat (ex. 12345678).

3. Setelah itu klik set up and start hotspot. Setelah itu akan terbuat satu adapter wifi otomatis khusus hotspot kamu.

4. Download aplikasi MyHotspot, silakan download di softonic atau filehippo. Aplikasi ini gratis dan tidak perlu trial.

5. Setelah menginstall MyHotspot, biasanya akan diminta untuk merestart komputer. Silakan restart dan tunggu hingga siap digunakan kembali.

6. Setelah restart, silakan buka aplikasi MyHotspot dan pilih pada settingan Automatic Network Configuration dan klik next.

7. Pada settingan selanjutnya, masukkan kota dan negara. Apabila diminta untuk mengisi username dan password, langsung saja klik login.

8. Sekarang, mari kita buat akun guest dengan klik menu > hotspot configuration > access > advance setting. Setelah itu centang pada Enable guest login. Pada kolom Guest Username, kamu bisa menggunakan username sesuai dengan nama pengguna (ex. guest) dan Guest Password silakan isi dengan password sesuai keinginanmu (ex. Guestlogin123).

9. Oke settingan telah selesai dan saatnya untuk mencoba WiFi yang sudah kita beri form login.

10. Koneksikan HP atau laptop pada Wifi SSID WifiKu. Masukkan password yang sama pada poin ke 2.

11. Setelah terhubung, silakan buka browser Chrome atau aplikasi browser lainnya. Secara otomatis, browser akan menampilkan form login. Nah, masukkan akun guest tadi yakni username guest dan password Guestlogin123.

12. Selesai

Nah, diatas adalah cara untuk membuat form login dengan cara gratis. Pengguna yang login, akan mendapatkan hak akses selama 24 jam. Kamu pun bisa membanderol tarif WiFi untuk 24jam sebesar 5ribu atau sesuaikan dengan minat pelanggan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*