Perangkat Penyimpanan dan Penyedia Data

Perangkat Penyimpanan dan Penyedia Data, Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file penting bagi pengguna atau manusia. Didalam perangkat penyimpanan juga terdapat system yang terintegrasi dengan Operating System sehingga perangkat keras penyimpanan tersebut dapat terdeteksi dan bisa digunakan.


Jenis Perangkat Penyimpanan

Jenis perangkat penyimpanan ada beberapa macam, jika kita melihat secara fisiknya maka ada 2 jenis perangkat penyimpanan yakni perangkat penyimpanan internal dan perangkat penyimpanan eksternal.
1. Perangkat penyimpanan internal adalah sebuah hardware yang sudah terpasang didalam komputer dan sudah menyatu dengan komputer. Jadi, apabila kamu melepas perangkat penyimpanan internal ini, maka komputermu tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
2. Sedangkan perangkat penyimpanan eksternal adalah perangkat yang dapat dicabut atau dibawa tanpa harus menggunakan komputer. Mungkin ini adalah jenis perangkat penyimpanan mobile yang bisa digunakan ke berbagai perangkat misalnya DVD player dan lain sebagainya yang mendukung port USB.
Contoh Perangkat Penyimpanan
Berikut ini adalah beberapa contoh perangkat penyimpanan yang biasanya kita temui disekitar kita, dan saya akan membagi menjadi perangkat internal dan eksternal.
Contoh Perangkat Penyimpanan Internal
a. Harddisk
Harddisk adalah perangkat penyimpanan data yang memiliki kapasitas cukup besar. Selain kapasitasnya yang besar, harddisk juga memiliki berbagai macam interface yang sesuai dengan teknologi yang diusungnya. Misalnya harddisk SSD memiliki desain fisik yang lebih kecil dan ringan namun memiliki kecepatan write and read data jauh lebih cepat dibanding HDD.

b. RAM

Banyak orang yang tidak tahu bahwa RAM juga merupakan perangkat penyimpanan. Bedanya dengan harddisk adalah RAM hanya dapat menyimpan data sementara, jadi bukan data permanen. RAM ini berfungsi menyimpan file cache system yang nantinya dapat mempercepat pemrosesan data ketika melakukan multitasking. Semakin besar kapasitas RAM, maka kemampuan dalam multitasking semakin lancar.
Contoh Perangkat Penyimpanan Eksternal

a. Flashdisk

Perangkat kecil yang memiliki berbagai varian kapasitas yaitu flashdisk. Perangkat kecil ini mampu menyimpan data penting dengan berbagai macam format seperti file video, music, dokumen dan lain sebagainya. Namun, dampak dari penggunaan flashdisk yang tidak benar adalah mudahnya penyebaran virus, karena virus komputer dapat menyebar melalui flashdisk.

b. Kartu Memori / Emmc

Kartu memori juga merupakan perangkat penyimpanan yang fisiknya kecil namun dapat menyimpan berbagai macam file penting. Perangkat ini dapat dipasang di handpone atau dihubungkan ke komputer dengan melalui perangkat pembantu misalnya Card Reader.

Perangkat Penyedia Data

Perangkat Penyedia Data merupakan hardware yang berfungsi untuk memberikan akses komputer ke internet dalam mengirim dan menerima data. Sebenarnya perangkat ini hanya sebagai penghubung serta pengatur lalu lintas data yang diminta dan diterima oleh pengguna. Contoh perangkat ini adalah Modem.
Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Pengertian singkatnya adalah sebuah perangkat yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital sehingga dapat di mengerti oleh komputer.
Modulator memiliki fungsi untuk melakukan proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa agar dapat dikirimkan ke pengguna melalui media tertentu, proses ini biasanya disebut dengan proses modulasi. Pada proses modulasi ini sinyal digital diubah menjadi sinyal analog.
Sedangkan proses demodulator adalah proses mendapatkan kembali data yang dikirimkan oleh pengirim atau bisa dikatakan proses ini adalah kebalikan dari proses modulasi. Kenapa sinyal analog perlu diubah ? Karena sinyal ini tidak bisa dimengerti oleh komputer sehingga perlu diubah ke sinyal digital, kelebihan sinyal analog sendiri adalah jangkauannya yang sangat luas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*