Pengertian Web Design, Penjelasan beserta Contohnya

Pengertian Web Desain, Penjelasan beserta contohnya | BloggerDeso251 – Pengertian web desain adalah suatu proses membuat website dengan memperhatikan beberapa aspek yang berbeda. Aspek yang diperhatikan dalam web desain adalah tata letak halaman website, konten dan desain grafis itu sendiri. Mungkin sobat juga pernah mendengar istilah web development. Nah, web development merupakan pengembang dari web desain tersebut.

Pengertian Web Design, Penjelasan beserta Contohnya

Penjelasan Web Desain secara tradisional
Secara klasik, desain bisa dikatakan sebagai menggambar tampilan visual dari sebuah website, sedangkan pendekatan tradisionalnya adalah proses mewarnai, keseimbangan, penekanan, irama, gaya elemen grafis seperti tekstur dan lain sebagainya.

Penggunaan ikon juga menjadi hal yang diperhatikan dalam web desain khususnya jika kita melihat dari pendekatan tradisional. Pada dasarnya, web desain itu memperhatikan semua elemen yang dikombinasikan dengan prinsip – prinsip desain dalam rangka menciptakan hasil karya yang memenuhi syarat estetika.

Bagaimana proses pembuatan web desain ?
Dalam pembuatannya, web desain dapat dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML (Hyper Text Markup Language). Seorang web development menggunakan tag HTML dalam menentukan isi dan metadata dari setiap halaman website. Secara umum, seorang pendesain web melakukan proses pembutan web dengan beberapa langkah berikut :

  1. Menentukan website apa yang akan dibuat, hal ini akan menjadi dasar desain yang akan dibuat. Misalnya website sekolah akan sangat berbeda dengan website marketplace.
  2. Menentukan tata letak yang akan memudahkan pengguna dalam memakai website tersebut.
  3. Membuat kerangka desain dengan menggunakan program kombinasi HTML dan CSS. CSS disini merupakan sekumpulan kode yang mendefinisikan bagaimana setiap bagian halaman web tersebut muncul, termasuk efek rotasi, efek buram, efek bergerak dan lain sebagainya.
  4. Pembuatan dengan membangun kode program HTML dan CSS dari awal tapi ada juga desainer yang menggunakan aplikasi editor seperti dreamweaver.
  5. Cara lain membangun web desain yang saat ini populer adalah dengan menggunakan CMS (Content Management System). Contoh CMS adalah seperti WordPress, Joomla dan lain sebagainya.
Kolaborasi Web desain dengan web dinamis
Sebuah website dikatakan berguna apabila terdapat manfaat berupa informasi aktual didalamnya. Pemberian informasi di website ini tak lepas dari pengolahan data dari sebuah database. Database merupakan sebuah tempat yang menyimpan seluruh data dalam website dinamis, sehingga data dapat disimpan, diedit dan menambahkan data kedalam database.
Sebuah web dinamis misalnya website instansi pendidikan, akan sangat bagus dan menarik jika dikolaborasikan dengan web desain. Sudah pasti web desain akan mempertimbangkan bagaimana setiap elemen ditampilkan didalam website instansi pendidikan.
Biasanya website instansi pendidikan akan didesain dengan warna warna yang cerah dan tidak terlalu mencolok. Penggunaan ukuran font tulisan juga menjadi perhatian khusus, sebab instansi pendidikan tujuan utamanya adalah untuk berbagi informasi. Jadi, font yang baik adalah yang tampil jelas (tidak terlalu kecil/besar) pada halaman web.
Contoh Web Desain
Sebenarnya kamu dapat menemukan contoh web desain di internet dengan mengakses alamat URL nya. Tapi kali ini saya akan memberikan sedikit contoh website yang memperhatikan kaidah – kaidah web desain dan tentu saja tampilannya cukup baik.
  1. Jalantikus.com
    Desain dari website ini cukup userfriendly dan mudah bagi seorang awam. Menu header, sidebar dan juga penempatan kontenya sudah baik dan jelas dalam pembacaannya.
  2. FresBooks
    Ini merupakan jenis web desain yang bertujuan untuk menarik pelanggan dengan menempatan heading Accounting Made for You, dengan warna yang jelas. Selain itu, pemilihan warna tombol try it free for 30 days juga baik karena terlihat menonjol dari tombol yang lainnya. Hal ini tentu saja akan mengundang pelanggan untuk mengklik dan mencoba daftar.
Sekian artikel tentang Pengertian Web Design, Penjelasan dan Contohnya. Jika bermanfaat bagikan ke teman ataupun sosial media kamu ya! Terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*