Pengertian, Penjelasan dan Manfaat Internet

Pengertian, Manfaat dan Sejarah Internet | BloggerDeso251 – Internet atau interconnecting networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu standar protokol Global yang digunakan untuk pertukaran paket file atau data dari miliaran pengguna diseluruh dunia. Protokol ini biasa kita kenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite).

Sebelum saya menjelaskan mengenai manfaat yang diperoleh ketika kita menggunakan internet ada baiknya saya jelaskan sejarah singkat terbentuknya internet. Berikut adalah sejarah singkat tentang internet.

Pengertian dan manfaat internet terbaru

Sejarah Internet
Internet adalah sebuah jaringan yang awalnya dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika (DARPA) yakni pada tahun 1969. Melalui hasil proyek ARPA, mereka mempresentasikan hasil proyeknya dengan nama ARPANET melalui hardware dan software komputer berbasis OS UNIX.

Tujuan awal proyek ARPA pada saat itu adalah untuk membantu militer dalam pengiriman informasi dan menghindari terjadinya informasi terpusat. Sebelum adanya ARPANET, informasi terpusat ini sangat rawan hancur ketika terjadi serangan nuklir. Oleh karena itu, militer membutuhkan system jaringan yang cepat dalam mengirimkan informasi keberbagai markas.

Pada tahun 1969, ARPANET berhasil menghubungkan 4 situs yakni Stanford Research Institute, Universitas California, Santa Barbara, Universitas of Utah dan mereka terpadu didalam sebuah jaringan. Pada bulan Oktober 1972 kemudian ARPANET diperkenalkan secara umum dan tak lama proyek ini berkembang pesat ke seluruh daerah, bahkan semua universitas di negara Amerika ingin bergabung bersama ARPANET.

Hal ini lah yang menyulitkan ARPANET untuk menggabungkan mereka kedalam jaringan. Oleh karena itu, ARPANET dipecah menjadi dua yakni MILNET (jaringan khusus untuk militer) dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer misalnya universitas-universitas dan instansi pemerintahan. Gabungan kedua jaringan tersebut pada masa itu dikenal dengan nama DARPA Internet dan akhrinya disederhanakan menjadi Internet.

Ada Jaringan lain sebelum adanya Internet?
Jawaban yang tepat adalah iya, karena pada saat sebelum internet hadir, sudah ada bentuk system telekomunikasi berbasis digital yakni telegraf. Telegraf pada masa itu sering dianggap sebagai pendahulu internet.

Sistem telegraf pertama muncul pada abad ke 19, seratus tahun sebelum internet meluas pada tahun 1990-an. Konsep telgraf sendiri menjadi dasar pengiriman data jarak jauh yakni melalui elektromagnetik seperti radio dan kabel. Namun, system ini terbatas pada dua perangkat saja.

Manfaat Internet bagi kehidupan manusia
Di era 90-an, internet terbatas untuk mencari informasi, mengirim email, mengirim berkas, atau bertukar pesan sederhana saja. Tapi, mulai tahun 2000 an perkembangan internet menjadi pesat dan banyak digunakan untuk berbagai keperluan yang lebih kompleks.

Pada tahun – tahun belakangan ini, kita sudah melihat peran internet dalam berbagai bidang sangat dibutuhkan. Bahkan hadirnya smartphone terasa tidak lengkap tanpa internet. Tanpa sadar, kita saat ini hidup bersama internet, setiap detik kita terhubung dengan internet melalui aplikasi berbasis sosial media.

Tapi manfaat internet dapat kamu simak melalui poin poin berikut ini :

  1. Kemudahan berbagi informasi dan data penting.
  2. Akses yang cepat dan real time, maksudnya adalah informasi yang kita dapatkan sama seperti ketika berhadapan dengan sumber pemberi informasi (contohnya chatting). Bahkan saat ini sudah ada fitur dalam aplikasi yakni video call, dimana kedua belah pihak dapat bertatap muka dan bertukar informasi secara langsung.
  3. Sarana hiburan, kamu pasti penyuka  game online kan ? Kebanyakan game saat ini mengandalkan akses internet supaya dapat dimainkan. Oleh karena itu, manfaat internet disini adalah untuk sarana hiburan.

Demikian artikel tentang Pengertian, Manfaat dan Penjelasan ttg Internet. Jika bermanfaat bagikan ke sosial media ataupun teman/kerabat kalian ya sob terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*