Pengertian LAN Card, Jenis Jenis dan Fungsinya

Pengertian LAN Card, Jenis Jenis dan Fungsinya, Dalam membangun sebuah jaringan sebuah komputer memerlukan perangkat supaya dapat terhubung dengan jaringan. Salah satu perangkat jaringan yang harus ada adalah LAN Card. Perangkat yang satu ini harus ada dalam komputer supaya dapat terhubung dengan jaringan komputer.

Pengertian LAN Card

Pengertian LAN Card secara umum adalah salah satu perangkat antar muka di dalam jaringan komputer untuk menghubungka komputer dengan perangkat jaringan lainnya dengan menggunakan kabel jaringan (UTP).

Bentuk dari LAN Card adalah berbentuk seperti kartu ekspansi yang dipasang pada slot PCI motherboard komputer. Selain komputer, pada beberapa jenis laptop lawas juga terdapat port LAN Card sedangkan tren sekarang laptop sudah tidak dibekali port LAN Card ini.

Untuk menghubungkan komputer dengan jaringan melalui LAN Card ini pada umumnya menggunakan port RJ-45. Biasanya, untuk mengaktifkan LAN Card supaya dapat terhubung dengan sistem operasi diperlukan sebuah driver, namun ada juga LAN Card yang sudah bisa langsung bisa digunakan.

Fungsi LAN Card

Secara garis besar fungsi LAN Card dapat dijabarkan menjadi 3 poin yaitu sebagai berikut :

  1. Sebagai pengontrol atau pengendali aliran data antar host komputer dalam sebuah jaringan
  2. Mempersiapkan data dari komputer agar bisa dikirimkan ke komputer lain dengan berjalan melalui media penghubung.
  3. Menerima data dari komputer dalam sebuah jaringan melalui kabel jaingan dan diterjemahkan dalam bentuk bit yang kemudian dapat dimengerti oleh komputer.

Jenis Jenis LAN Card

Jika dilihat dari fisiknya terdapat 2 jenis LAN Card  yakni LAN Card internal dan LAN Card eksternal. LAN Card internal sudah ada terpasang dalam motherboard komputer atau laptop. Sedangkan, untuk LAN Card Eksternal adalah LAN Card yang dipasang secara manual pada slot motherboard.

Jika kita melihat secara bentuk, maka ada 3 jenis LAN Card. Berikut adalah jenis jenis LAN Card menurut bentuknya.

1. LAN Card ISA

Jenis LAN Card yang pertama adalah LAN Card yang pertama kali diciptakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang jaringan komputer khususnya LAN Card. LAN Card ini memiliki slot yang berwarna hitam dan memiliki satu sampai tiga slot. Ciri lain adalah terdapat konektor output support untuk BNC serta RJ 45.

2. LAN Card PCI

LAN Card jenis PCI pertama kali diproduksi pada tahun 1992 dan hingga kini masih digunakan. LAN Card PCI adalah perkembangan dari jenis LAN Card ISA. LAN Card jenis PCI ini mulai digunakan pada komputer generasi pentium 1 dan masih ada hingga komputer jaman sekarang.

Perbedaannya adalah jika komputer jaman dulu menggunakan slot LAN Card PCI sebanyak 5 slot, sekarang pada motherboard komputer jaman sekarang hanya tersedia 1 slot saja. Meski hanya 1 slot sudah bisa memenuhi kebutuhan jaringan.

3. LAN Card USB

Slot USB mulai familiar ditelinga masyarakat ketika munculnya handphone Android atau handphone lain pada tahun 2010 an. Oleh karena itu banyak pengembang yang berusaha mengadaptasikan perangkatnya dengan slot USB ini. Salah satu yang berkembang adalah LAN Card jenis USB.

Tujuan dari pengembangan LAN Card jenis USB sebenarnya adalah untuk memudahkan dalam penggunaan jaringan komputer dengan kabel tanpa harus membuka casing komputer untuk menancapkan pada slot PCI di motherboard. Namun, dengan LAN Card USB cukup tancapkan saja pada port USB.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*