Pengertian Jaringan dan Macam – macamnya

Pengertian Jaringan dan Macam – macamnya | BloggerDeso251 – Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan apa itu jarkom (jaringan komputer) dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan megenai pengertian jaringan beserta macam jenisnya.

Jaringan atau Network adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung dalam suatu rangka untuk berbagi sumber daya. Sumber daya yang dimaksud adalah seperti printer, scaner, dan lain sebagainya. Dalam suatu jaringan juga memungkinkan untuk melakukan sharing data dan bentuk komunikasi dalam jaringan seperti memanggil (ping).

Pengertian dan macam macam Jaringan

Macam – Macam Jaringan
Sebenarnya ada banyak macam jaringan jika kita melihat dari wilayah cakupannya. Tapi yang pada umumnya digunakan adalah Local Area Network dan WIDE Area Network.

  1. Local Area Network
    LAN (Local Area Network)
    adalah jaringan yang terbatas pada area atau wilayah yang relatif lebih kecil. Wilayah yang kecil yang dimaksud ini adalah seperti jaringan yang menghubungkan dalam satu gedung, sekolahan, lab dan satu rumah. Mungkin kamu pernah bermain ke warnet, nah disana type jaringan yang digunakan adalah LAN.

    Dalam satu jaringan LAN, terdapat sebuah komputer server yang bertugas untuk melayani komputer client. Misalnya dalam sebuah jaringan LAN komputer server memiliki koneksi internet melalui modem. Nah, oleh komputer server dibagilah koneksi internet tersebut kepada komputer yang tergabung dalam LAN. Sehingga komputer clent dalam jaringan LAN tersebut dapat terhubung ke internet dan bisa melakukan browsing.

    Konsep Server yang sebenarnya bukanlah komputer yang digunakan oleh manusia. Tapi pada dasarnya server merupakan komputer yang terus berjalan untuk melayani komputer lain dalam suatu jaringan. Layanan yang diberikan oleh komputer server adalah memberikan akses terhadap sumber daya seperti printer, fax, software hosting, sharing file, kontrol jaringan dan keamanan jaringan.

    Biasanya komputer server yang digunakan pada instansi atau perkantoran diletakkan di tempat yang aman dan jauh dari manusia. Untuk bisa mengakses komputer sever hanya bisa melalui jaringan saja.

    Seperti yang kita tahu bahwa dalam sebuah jaringan LAN, hampir semuanya dihubungkan dengan kabel UTP dengan slot RJ45. Karena memang konektifitas lebih cepat menggunakan kabel daripada nirkabel.

  2. Wide Area Network
    Wide Area Network adalah sebuah jaringan yang cakupan wilayahnya sangat luas. Cakupan wilayah WAN yaitu benua satu dengan benua yang lain dan atau antar negara. Untuk menghubungkan antar benua atau negara biasanya menggunakan kabel Fiber yang ditanam didasar laut dan aman. Selain menggunakan kabel fiber juga bisa menggunakan satelit.

    Wide Area Network ini bisa saya contohnya ketika Indonesia akan mennghubungkan server domain (PANDI.id) ke server google yang misalnya berada di Singapura. Oleh karena itu dibutuhkan suatu penghubung dengan kecepatan akses yang super cepat, maka pilihan yang tepat adalah dengan menggunakan kabel fiber optic.

    Dengan menggunakan multiplexer dan router sebuah jaringan lokal atau metropolitan dapat berkomunikasi dengan jaringan global melalui kabel. Pada biasanya, untuk menghubungkan jaringan lokal dengan internet saat ini cukup dengan menggunakan nirkabel.

Apasih Keuntungan Membuat Jaringan (Network) ?
Keuntungan membuat jaringan adalah sebagai berikut.

  1. Berbagi sumber daya dengan mudah, misalnya penggunaan printer bersama – sama dalam sebuah jaringan.
  2. Kecepatan sharing data dalam jaringan. 
  3. Hemat biaya karena tidak perlu membeli sumber daya (printer, scaner, fax) untuk per komputer.

Mungkin dalam sebuah jaringan terdapat kendala misalnya kabel yang terlepas. Tapi semua itu bisa diatasi oleh seorang administrator jaringan atau teknisi jaringan.

Sekian artikel tentang Pengertian dan Macam Jaringan. Jika bermanfaat bagi kalian silahkan bagikan ke sosial media ataupun ke teman dan kerabat kalian. Terima kasih…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*