Pengertian dan Penjelasan Ekstranet

Pengertian dan Penjelasan Ekstranet beserta manfaatnya | BloggerDeso251 – Ketika kita membahas mengenai intranet sudah pasti tidak lepas dari kembarannya yaitu ekstranet. Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan standar protokol internet dan sistem komunikasi publik sehingga dapat membagi informasi bisnis atau operasi secara aman kepada suplier, penjual, partner, customer dan pihak lain yang terkait.

Sama halnya intranet, ekstranet juga merujuk kepada jaringan di dalam sebuah perusahaan. Jaringan ekstranet menggunakan internet supaya dapat terhubung dengan masyarakat atau orang lain diluar jaringan dengan sebuah standar protokol yang terkontrol. Hal ini membantu didalam membangun sebuah hubungan bisnis dengan customer atau seorang penyalur dan hal ini akan memungkinkan perusahaan bekerja secara kolaboratif.

Pengertian dan Penjelasan Ekstranet dan manfaat

Penerapan Ekstranet/Extranet
Ekstranet dapat dipandang sebagai sebuah jaringan pribadi / VPN (Virtual Private Network) karena jaringan ini menggunakan internet untuk berhubungan dengan perusahaan lain. Setiap jaringan selalu saja ada ancaman dari luar misalnya hacker jaringan yang biasanya mengincar data pribadi. Oleh karena itu VPN menawarkan keamanana jaringan terinsfrastruktur.

Pengertian VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yakni jaringan pribadi (bukan untuk umum) yang menggunakan media nonpribadi misalnya internet guna menghubungkan antar remote-site secara aman.

Proses Pada Jaringan Ekstranet

  1. Paket atau data atau file disiapkan dibatas jaringan dalam router IPSEC, supaya tidak keluar dari jalur jaringan.
  2. Menggunakan enkripsi untuk menggabungkan paket file serta IP Address (alamat IP)
  3. Paket file yang terenkripsi tadi dikirimkan ke IPSEC penerima atau server yang selanjutnya akan diterjemahkan.
  4. Terjadinya tunneling yang dikirimkan melalui VPN.

VPN menggunakan Internet Protocol Security Architecture (IPSEC) dalam memberikan keamanan transaksi dengan menambah kemanan lapisan security terhadap TCP/IP. Lapisan keamanan ini dibuat oleh dalam proses encapsulating yang kemudian akan memberikan paket IP baru, hal ini berguna untuk menyembunyikan IP address yang asli.

Proses Encapsulating bisa kamu simak pada alur berikut ini :
Original IP Header -> Original TCP header -> Authentication Data (Ter-enkripsi) -> IPSEC authentication header -> New IP Header.

Manfaat Ekstranet
Kenapa sih harus menggunakan ekstranet, kan sudah ada internet bisa langsung menggunakan jaringan global saja ? Iya, tetapi ekstranet sebenarnya dikhususkan untuk instansi lokal saja misalnya antar perusahaan yang ingin berkomunikasi melalui jaringan yang aman dan private maka digunakanlah jaringan dengan model ekstranet.

Selain itu, ekstranet juga sudah menunjukkan keberhasilannya menjadi model jaringan yang sukses untuk semua jenis bisnis dalam suatu perusahaan kecil maupun besar. Berikut ini saya sudah merangkum beberapa keuntungan yang didapatkan jika kita melihat dari pihak yang terkait:

  1. Keuntungan bagi karyawan dan pegawai
    • Mudah dalam melakukan marketing secara real-time 
    • Memanajemen dengan mudah dan dapat digunakan secara fleksibel
    • Dapat mengakses informasi perusahaan dengan tanpa kuota internet
  2. Keuntungan untuk supplier
    • Suplier dapat berintegrasi dengan perusahaan melalui jaringan
    • Platform jaringan dapat melalui website yang bisa diakses melalui perangkat komputer maupun mobile.
  3. Keuntungan untuk mitra atau partner
    • Mengurangi waktu untuk penjualan
    • Berkolaborasi antar partner atau dengan perusahaan
    • Cepat dalam melakukan segala aktivitas berkaitan dengan bisnis
  4. Keuntungan bagi pelanggan
    • Menambah produktifitas 
    • Efektif dalam membeli suatu produk
    • Dapat membeli secara online jika jaringan ekstranet tersebut dihubungkan dengan internet
    • Bantuan pelanggan secara online

Sekian artikel tentang Pengertian dan Penjelasan Ekstranet Beserta Manfaatnya. Jika bermanfaat bagi kalian silahkan bagikan kepada teman teman ataupun sahabat kalian ya, dan jangan lupa untuk share ke sosial media kalian terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*