Pengertian dan Fungsi Printer Server

Pengertian dan Fungsi Printer Server, Pengertian printer server adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengakses printer atau gadget lain seperti scanner, HDD Eksternal, flash drive, kartu memori, Webcam USB maupun speaker USB dari komputer manapun dalam satu jaringan. Printer server ini memungkinkan berbagi sumber daya tanpa harus ada komputer server.

Printer server ini dibuat atau didesain untuk berbagi perangkat yang menggunakan port USB dalam satu jaringan Lokal. Jenis jaringan yang biasanya digunakan oleh printer server adalah jenis Lokal Area Network saja dan ini sudah mencakup dalam satu gedung, kantor atau sekolah.

Fungsi dan Manfaat Printer Server

Fungsi utama printer server adalah untuk memudahkan dalam berbagi perangkat USB seperti yang sudah disebutkan diatas. Jadi, fungsinya bukan hanya untuk berbagi perangkat printer saja, ya meskipun namanya adalah printer namun bisa digunakan untuk berbagi perangkat yang lain.

Manfaat printer server ini dapat saya jabarkan menjadi beberapa point berikut ini, dan saya juga menyertakan beberapa kendala yang mungkin dapat terjadi didalam menggunakan printer server ini.

1. Manfaat yang pertama adalah kemudahan dalam menggunakan perangkat seperti printer, scanner tanpa harus cabut colok kabel USB perangkat.

2. Kecepatan dalam mengakses perangkat, hal yang bisa dipertimbangkan untuk memasang printer server adalah kecepatan aksesnya ke berbagai perangkat yang berbeda. Bayangkan saja, kamu bisa mengerjakan dua pekerjaan (misal : print, scanner) secara bersamaan hanya melalui satu komputer saja tanpa menggunakan komputer server.

3. Menghemat biaya karena satu perangkat printer atau yang lainnya dapat digunakan bersama sama dan menghemat biaya kabel USB.

Dibalik manfaat menggunakan printer server tentu akan ada beberapa kekurangganya, yakni sebagai berikut.

1. Perangkat tunggal yang di eksploitasi dan digunakan secara berlebihan akan memiliki umur pendek atau cepat rusak terutama pada bagian catridge (printer) dan kerusakan pada perangkat lainnya.
2. Overload dan antrian lama jika perangkat yang di manfaatkan hanya satu dan penggunanya pun banyak dengan intensitas penggunaan yang tinggi.

Pilihan Printer Server Terbaik

Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai printer server yang menurut saya ekonomis dan memiliki kualitas terbaik. Nah, printer server tersebut adalah Pinter Server TP-Link yang memiliki beberapa keunggulan yaitu diantaranya sebagai berikut.

1. Mendukung USB 2.0 dan menjamin transfer data lebih cepat.
2. Sudah tersedia satu auto-sensing 10/100Base-T port
3. Penginstallan untuk pertama kali tergolong mudah dan cepat, hanya butuh beberapa kali klik.
4. Mendukung perangkat USB lebih banyak seperti scanner, eksternal HDD, flash driver, webcam USB dan lain sebagainya.
5. Bisa disambungkan dengan wireless router supaya dapat mengakses perangkat USB secara nirkabel atau tanpa menggunakan kabel.

Kamu bisa membeli perangkat ini melalui offline seperti ke toko komputer atau melalui online (Bukalapak, Tokopedia, JD.ID, Lazada, dll). Untuk harga nya sekitar 125 ribu hingga 300ribu. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan ya.

Nah, itulah informasi mengenai printer server yang dapat saya bagikan semoga kamu bisa lebih mudah dalam berbagi perangkat USB tanpa perlu menggunakan komputer server yang dapat memboroskan penggunaan listrik.

Tentu saja dengan menggunakan printer server, kamu bisa lebih menghemat biaya pengeluaran untuk peralatan kantor dan memudahkan dalam berbagi penggunaan beberapa jenis perangkat seperti printer, scanner, HDD eksternal, USB webcam dan lain sebagainya. Bahkan kamu bisa berbagi tanpa menggunakan kabel lhoh. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*