Partikel dalam Elektronika

Partikel dalam Elektronika | BloggerDeso251 – Partikel merupakan bagian yang membentuk atom, dan biasanya kita sebut dengan elektron, proton dan neutron. Partikel adalah hal penting yang berhubungan dengan elektronika. Elektronika sendiri adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pengendalian dan penerapan gerakan partikel pembawa muatan elektron di dalam ruang hampa, gas atau pun semikonduktor.

Partikel - Partikel dalam Elektronika

Menurut J. Millman, Elektronik adalah ilmu dan teknologi yang membahas mengenai melintasnya partikel bermuatan listrik di dalam sebuah gas atau ruang hampa, atau medan semikonduktor. Selain itu ruang lingkup elektronika terbagi menjadi beberapa jenis dan akan saya sebutkan berikut ini.

Ruang Lingkup Elektronika

  1. Elektronika Dasar

Elektronika dasar adalah bidang ilmu pengetahuan elektronika yang khusus mempelajari mengenai dasar – dasar elektronika. Bidang ini meliputi teori bahan dan komponen elektronika sederhana serta hukum hukum elektronika dasar seperti hukum ohm, kirchof dan teori dasar elektornika yang lain.

  1. Elektronika Daya

Ini merupakan cabang ilmu elektronika yang khusus dalam mempelajari elektronika arus kuat. Pada elektronika daya bidang yang akan dipelajari adalah listrik arus kuat seperti transmisi energi listrik jarah jauh dan efisiensi daya pada transmisi yang memiliki tegangan tinggi.

  1. Elektronika Analog

Elektronika Analog adalah bagian ilmu elektronika yang mempelajari fungsi dan sistem sistem analog. Pada cabang ilmu elektronika analog yang dipelajari adalah mengenai pengolahan atau proses proses pada sinyal sinusoida.

  1. Elektronika Digital

Fokus yang dipelajari dalam bidang ilmu elekronika digital adalah proses proses yang terjadi pada sinyal digital atau diskrit. Bagian elektronika digital yang dipelajari untuk pertama kali adalah mengenai gerbang logika hingga pada pemrosesan digital. Jika kamu adalah anak SMK jurusan komputer, kamu akan diberikan pelajaran mengenai pelajaran Sistem Komputer yang didalamnya terdapat gerbang gerbang logika.

  1. Elektronika Industri

Elektronika Industri adalah bagian ilmu elektronika yang biasanya mempelajari tentang implementasi teknologi elektronika pada bidang industri dan pengendalian instrumentasi. Jadi, bukan hanya sekadar teori, namun juga penerapannya dalam dunia industri.

Dalam setiap bidang ilmu elektronika, semua itu berkaitan dengan partikel bermuatan baik itu elektron, proton dan neutron. Jadi, semua yang dipelajari adalah mengenai partikel yang berguna untuk perkembangan teknologi dimasa yang akan datang. Nah, berikut ini akan saya jelaskan mengenai beberapa bidang teknologi elektronika yang memanfaatkan partikel.

Bidang bidang Teknologi Elektronika

  1. Bidang Instrumentasi Pengontrolan

Bidang ini mengembangkan teknologi elektronika pada peralatan seperti halnya pengembang alat ukur elektronik, instrumentasi penelitian, alat pemroses data serta alat kontrol atau otomasi seperti sistem mikroprosesor untuk pengontrolan dan lain sebagainya.

  1. Bidang Telekomunikasi

Partikel dalam bidang ini sangat berguna dan penting untuk dijadikan media komunikasi jarak jauh. Dalam hal ini partikel yang bekerja adalah muatan listrik (neutron) dalam menghantarkan data. Media yang digunakan biasanya adalah kabel telepon atau kabel fiber optic.

  1. Bidang Elektronika Konsumer

Fokus teknologi yang dikembangkan dalam bidang elektronika konsumer adalah produksi peralatan – peralatan elektronik umum misalnya seperti radio, televisi, perekam kaset audio atau video. Selain itu ada juga perangkat penyedia daya serta komponen eletronika lainnya.

  1. Bidang Elektronika Kuantum

Bidang elektronika kuantum ini mempelajari dan melakukan pegembangan elektronika yang menyangkut interaksi antara cahaya, gelombang radio, mikro atau gelombang elektromagnetik yang lainnya. Dari bidang inilah dikembangkan sinar laser untuk berbagai keperluan seperti bidang komunikasi dengan sinyal pada cahaya yang dijalarkan oleh serat fiber optik.

Sekian artikel tentang Partikel dalam Elektronika. Jika bermanfaat bagikan ke sosial media kalian ya…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*