Mengenal Jaringan Komputer (Computer Network)

Mengenal Jaringan Komputer (Computer Network) | BloggerDeso251 – Pengertian jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan komputer untuk saling bertukar data atau file. Untuk dapat saling terkoneksi antar komputer maka diperlukan media transmisi yang biasanya secara wireless atau wired. Maksudnya adalah untuk menghubungkan dua komputer diperlukan adanya transmisi fisik seperti kabel RJ45 atau nirkabel. Jaringan komputer yang saat ini paling dikenal adalah jaringan internet.

Tujuan dan Sejarah Jaringan Komputer (Computer Network)

Apa sih tujuan dibuatnya jaringan komputer ?
Sebenarnya tujuan komputer bukan hanya supaya antar komputer dapat berbagi data atau file. Tetapi, tujuan dari jaringan komputer adalah agar semua bagian komputer termasuk peripheralnya dapat meminta dan memberikan layanan (service) kepada pengguna.

Dalam jaringan komputer, pengguna atau yang meminta dilayani dinamakan sebagai client. Sedangkan komputer yang bertugas untuk memberikan layanan disebut sebagai server. Desain ini biasanya kita sebut sebagai jaringan Client-server dan digunakan pada hampir seluruh jaringan komputer.

Supaya komputer dapat terkoneksi dengan media transmisi maka dibutuhkan kartu jaringan. Kemudian, melalui kartu jaringan (net card) ini dihubungkan dengan kabel atau nirkabel sebagai media transmisi data.

Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer
Sebuah konsep jaringan komputer bermula pada tahun 1940-an di Amerika (wikipedia). Konsep ini digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL pada laboratorium Bell dan group riset Harvard University. Proyek ini dipimpin oleh profesor Howard Aiken.

Pada mulanya proyek ini hanya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Sehingga mereka menggunakan konsep antrian, dimana program yang dijalankan bersama harus diproses secara bergiliran.

Setelah tahun 1950-an, komputer pun menunjukkan perkembangan yang signifikan dengan ciri terciptanya super komputer. Maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang ada (terminal), untuk itulah ditemukannya konsep sharing data dengan nama TSS (Time Sharing System).

Maka, untuk pertama kalinya bentuk jaringan komputer  telah diaplikasikan dan sudah bisa digunakan untuk proses sharing data. Pada system TSS beberapa terminal saling terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat yang lain didalam sebuah jaringan komputer.

Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) membuat sebuah proyek untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan beberapa komputer sehingga dapat membentuk jaringan. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.

Pada tahun 1970, 10 komputer berhasil dihubungkan dalam sebuah jaringan yang mana komputer satu dengan yang lain nya dapat berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan komunikasi.

Setelah keberhasilan proyek ARPANET, seorang yang bernama Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan surat elektronik (email) yang Ia buat setahun sebelum ARPANET selesai. Program yang Ia buat sangat mudah untuk digunakan, sehingga pada saat itu langsung populer.

Pada tahun yang sama, lambang @ (at) atau (pada) diperkenalkan sebagai lambang yang penting untuk mengirim surat kepada pengguna komputer yang lain. Sehingga pada tahun 1973 jaringan ARPANET semakin meluas ke luar Amerika.

Setelah berkembangnya ARPANET, konsep baru yang lebih luas di gagas oleh Vinton Cerf dan Bob Kahn dipresentasikan. Mereka berdua memperkenalkan konsep jaringan yang lebih besar yang nantinya menjadi cikal bakal International Network (Internet).

Sejarah pada tanggal 26 Maret 1976 juga menjadi bukti bahwa keberhasilan jaringan ARPANET, yaitu Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.

Kesimpulan
Itulah sedikit penjelasan jaringan komputer beserta dengan sejarahnya. Sejarah jaringan tersebutlah yang akan menjadi cikal bakal jaringan jaringan yang saat ini kita kenal.

Sekian artikel tentang Mengenal Jaringan Komputer (Computer Network). Jika bermanfaat bagikan ke sosial media ataupun teman dan kerabat sobat yang membutuhkan ya… Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*