Macam dan Cara Merawat Komputer Secara Hardware dan Software

Macam dan Cara Merawat Komputer Secara Hardware dan Software | BloggerDeso251 – Komputer layaknya seperti manusia membutuhkan sebuah perawatan supaya dapat terus berfungsi dengan baik dan tidak cepat rusak. Perawatan komputer memang tidak sembarang orang mengerti cara membersihkannya dengan benar, oleh karena itu saya hadir kali ini untuk mengedukasi cara merawat komputer dengan baik dan benar.

Cara merawat komputer/laptop dengan baik dan benar

Macam Macam Perawatan Komputer
Ada dua jenis perawatan komputer yakni perawatan dari segi perangkat keras atau hardware nya. Yang kedua adalah perawatan dari software nya. Untuk perawatan hardaware saya sarankan untuk melakukannya secara hati hati, karena dikhawatirkan terdapat kesalahan dalam perawatan yang berujung pada kerusakan. Baiklah, silakan simak cara perawatan komputer berikut ini.

  1. Perawatan Hardware komputer.

Beberapa perawatan hardware komputer dapat dilakukan dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.

Membersihkan debu dan kotoran yang menempel, Seringkali debu menjadi faktor yang memengaruhi kinerja komputer baik dapat membuat kerusakan dan masalah lainnya. Untuk membersihkan debu dan kotoran kecil, silakan copot casing CPU dan semprot dengan menggunakan alat penyembur udara. Perhatikan jangan sampai ada udara yang mengandung butiran air, karena akan dapat menyebabkan korosi pada kompone komputer.

Bersihkan Kipas pendingin, Jika kondisi kipas pendingin sudah sangat kotor akibat sering digunakan, maka ini dapat menyebabkan masalh lain seperti matinya kipas pendingin. Jika kipas pendingin mati, akan berakibat pada mudahnya suhu komputer meningkat. Cara membersihkannya adalah dengan melepas kipas, kemudian bersihkan dengan lap atau penyemprot angin/udara.

Pengecekan pada Pemasangan Peripheral, Jika sobat sering membongkar pasang komputer, perhatikan ketika memasang kembali komponen komputer. Misalnya adalah pemasangan RAM dan soket harddisk. Jika pemasangan RAM tidak pas maka akan menyebabkan kegagalan booting dan masalah lain (seperti RAM tidak terbaca). Selain itu, harddisk juga harus dipasang dengan benar agar terbaca oleh sistem operasi dan BIOS.

Menggunakan Stabilizer, Hardware yang satu ini merupakan perangkat pembantu yang dapat menstabilkan tegangan listrik yang amsuk kedalam komputer melalui PSU. Hardware ini dapat kamu beli dengan harga sekitar 300 ribu rupiah. Dengan menggunakan alat ini, kamu tidak perlu khawatir komputer akan mati ketika terjadi pemadaman listrik. Sebab, alat ini terdapat baterai yang dapat membuat komputer terus hidup dalam beberapa menit meskipun terjadi pemadaman listrik PLN.

  1. Perawatan Secara Software

Untuk merawat komputer secara software kamu dapat memperatikan penggunaan aplikasi aplikasi di komputer kamu.

Membersihkan aplikasi yang tidak digunakan, Bersihkan aplikasi yang sudah tidak digunakan dengan menguninstall program tersebut pada windows manager atau app manager. Meskipun aplikas tidak digunakan namun, biasanya aplikasi tersebut berjalan di latar belakang dan ini dapat membebani Prosesor dan RAM.

Membersihkan Cache, Membersihkan cache atau file sampah juga sangat dianjurkan. File sampah yang dibiarkan saja akan membebani memori komputer, sehingga perlu untuk dibersihkan. Kamu dapat membersihkan cache dengan menggunakan aplikasi Clean Master atau yang lainnya.

Tidak menggunakan aplikasi berat, Beberapa jenis aplikasi memang terasa berat akan tetapi jika spesifikasi hardware mumpuni, hal ini tidak menjadi masalah. Namun, jika spesifikasi komputer yang kamu gunakan pas pasan maka jangan menggunakan aplikasi berat seperti Game Full HD, Aplikasi editing (Adobe Premiere, Adobe Ilustrator,). Jika tetap memaksa, biasanya komputer sobat akan lag dan berakibat pada kerusakan komponen komputer.

Nah, Itulah beberapa tips untuk merawat komputer secara baik dan benar. Sehingga sobat dapat terus menjaga komputer dalam keadaan baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*