Laptop Super Kencang dengan Prosesor AMD Ryzen 7

Laptop Super Kencang dengan Prosesor AMD Ryzen 7, sama seperti persaingan prosesor pada perangkat smartphone antara Mediatek dan Snapdragon, di segmen laptop maupun komputer dua produsen prosesor yang selalu bersaing adalah Intel dan AMD. Dari dulu hingga sekarang, prosesor AMD selalu nomor dua setelah intel.

Hal tersebut disebabkan oleh kelemahan AMD sejak pertama kali digunakan publik yakni suhu yang terlalu panas, efisiensi pengolahan data serta hal lain yang masih kalah dari intel. Namun, AMD terus berbenah dan memperbaiki kelemahan yang menjadi keluhan dari konsumen.

Baru baru ini perusahaan semikonduktor tersebut, mengeluarkan serie prosesor gaming yang memiliki kecepatan super kencang dan tidak kalah dengan prosesor intel serie tinggi. Sebut saja AMD Ryzen yang saat ini mampu membuat nama AMD menjadi naik dan dikenal baik oleh masyarakat umum. Bahkan beberapa produsen laptop seperti ASUS, HP dan Acer mempercayakan dapur pacunya kepada AMD Ryzen. Nah, berikut adalah laptop rekomendasi yang sudah menggunakan AMD Ryzen 7.


Laptop dengan Prosesor AMD Ryzen 7


1. ASUS ROG Strix GL702ZC

Bagi kamu yang sedang ingin membeli laptop gaming, beberapa laptop ASUS ROG dapat kamu pertimbangkan. Salah satunya adalah ASUS ROG Strix GL702ZC yang saat ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 1700. Performa chipset Ryzen untuk gaming dibantu oleh VGA Radeon RX 580 4GB GDDR5.

Selain chipset dan vga yang mumpuni, laptop ini secara default sudah terpasang RAM berkapasitas 24 GB. Peformanya cukup memuaskan untuk laptop seharga 19 jutaan ini. Ketika digunakan untuk multi tasking yang berat, laptop ini tetap memiliki suhu yang rendah namun tidak mengurangi performanya. Mungkin kendalanya pada tingkat kebisingan kipas yang terdengar mengganggu bagi sebagian pengguna.

Bobot dari laptop gaming ini adalah sekitar 3,6 kg dengan tambahan baterai ekstra besar seberat 1,6 kg. Layar ROG ini menggunakan panel IPS berukuran 17,3 inchi yang mampu mencapai 60 fps ketika memainkan game game berat.

2. Acer Nitro 5

Kali ini produsen Acer juga menyematkan prosesor AMD kedalam produknya yakni Acer Nitro. Pada beberapa versi Acer Nitro ada yang menggunakan prosesor intel, namun saya akan membahas di versi AMD nya.

Acer Nitro 5 yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 ini di kolaborasikan dengan kehandalan GPU Radeon RX 560X yang mampu menampilkan kinerja memuaskan khususnya di performa grafisnya. Selain kecepatan Ryzen 7 dan performa bagus dari Radeon RX 560X, Acer Nitro 5 dibekali dengan RAM 8GB yang bisa kamu upgrade hingga 32GB.

Meskipun Acer Nitro bukanlah dari keluarga predator yang harganya bisa ratusan juta, nyatanya Acer Nitro 5 ini banyak diminati oleh kalangan gamer dengan kantong menengah. Harga dari Acer Nitro 5 ini berada pada kisaran 12 juta.

Dengan harga 12 juta, Acer membekali Nitro 5 dengan layar TFT 15,6 inchi namun sudah baik dalam menampilkan brightness dan sudut pandang yang nyaman bagi pengguna. Disamping itu, desain dari Acer Nitro 5 masih terbilang klasik karena hampir sama seperti Acer Nitro keluaran sebelumnya yang menggunakan prosesor FZ-9830P. Namun, dari segi performa sudah jelas Acer Nitro 5 lebih cepat dibanding Acer sebelumnya.

Jika kamu ingin membeli Acer Nitro 5 ada beberapa varian storage, yakni SSD 128 GB dengan HDD 1 TB atau membeli varian SSD 256GB dengan HDD 1 TB. Selain itu ada varian lain yang membedakan harganya hingga jutaan yakni kapasitas RAM dan Chipset yang digunakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*