Komputer Terapan Jaringan

Komputer Terapan Jaringan | BloggerDeso251 Pengertian Komputer terapan jaringan adalah satu kumpulan komputer rekayasa yang saling berhubungan satu sama lain dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat berbagi informasi, program – program, berbagi sumber daya dengan tujuan membawa informasi secara cepat dan tepat dari sisi pengirim menuju penerima.

Komputer Terapan Jaringan

Jadi, secara sederhana pengertian komputer terapan jaringan adalah sekumpulan komputer yang berkomunikasi satu sama lain melalui media jaringan secara bersama – bersama yang bertujuan untuk berbagi sumber daya dengan cepat dan tepat.

Sistem Komputer Minimal
Maksudnya adalah didalam satu unit komputer itu terdiri dari beberapa komponen yang membentuk sebuah sistem, yang disebut dengan sistem komputer. Sistem komputer minimal terdiri dari berikut ini.

1. Perangkat input dan output

2. Central Prosessing Unit/Perangkat pemrosesan

3. Memory

Ketiga komponen diatas akan membentuk sistem ketika ada perintah dari perangkat input. Semua proses diatas melalui address bus dan control bus. Berikut ini saya akan jelaskan mengenai fungsi fungsi setiap komponen pada sistem komputer minimal.

Pemroses (processor), Sebuah processor / CPU melakukan serangkaian langkah langkah untuk menjalankan perintah. Setiap perintah ditangani secara individual dan CPU bisa memproses beberapa perintah yang dimasukkan oleh pengguna dengan melalui perangkat input seperti keyboard, mouse dan lain sebagainya.

RAM, Memori RAM ini berfungsi untuk menyimpan data dan program tetapi hanya bersifat sementara alias tidak permanen. Setiap kali ketika kamu membuka program, data data aplikasi akan diambil dari hard drive yang kemudian dibawa kepada RAM. Menjalankan program aplikasi dari RAM akan memungkinkan berfungsi tanpa adanya jeda waktu. Semakin besar kapasitas RAM pada komputer kamu, maka akan semakin mempercepat komputer dalam menjalankan program aplikasi.

Perangkat Input Output, perangkat I/O berfungsi untuk memindahkan data antara komputer dan perangkat eksternal seperti penyimpanan sekunder (Flashdisk), perangkat komunikasi, terminal, dan lain sebagainya. I/O device juga dikenal sebagai perangkat komputer, salah satu contohnya adalah sensor yang digunakan untuk memasukkan informasi kedalam komputer.

Interkoneksi antar komponen (BUS), BUS merupakan stuktur dan mekanisme untuk menghubungkan antar perangkat masukan, keluaran, pemroses dan memori. Interkoneksi ini merupakan komponen yang sangat penting karena instruksi bus memungkinkan antar perangkat untuk berkomunikasi. Bus ini dikendalikan oleh CPU dan mampu mengirim serta menerima data sementara.

Jenis Jenis Mikrokontroler

Berikut ini akan saya berikan beberapa contoh mikrokontroler yang digunakan pada komputer.

1. Mikrokontroler AVR

Kepanjangan dari Alv dan Vegard’s Risc Processor merupakan mikrokontroler RISC 8 bit. Karena RISC ini sebagian besar kode instruksinya dikemas dalam satu siklus clock. Mikrokontroler AVR adalah salah satu jenis arsitektur mikrokontroler yang telah menjadi andalan dari atmel.

2. Mikrokontroler MCS-51

Mikrokontroler ini termasuk kedalam keluarga CISC (Complex Instruction Set Computer) dan sebagian besar instruksinya dieksekusi 12 siklus clock. Mikrokontroler MCS51 merupakan buatan atmel terdiri dari 2 versi yakni versi 20 kaki dan 40 kaki. Semua mikrokontroler ini telah dilengkapi dengan flash PEROM sebagai media memori program dan menggunakan susunan kaki IC-IC tersebut sama pada setiap versinya.

3. Mikrokontroler PIC

PIC memungkinkan kamu untuk mengontrol perangkat output ketika dipicu oleh sensor dan switch. Program aplikasi dapat dihasilkan dengan menggunakan diagram alur dalam perangkat lunak komputer yang kemudian dapat di download kedalam chip PIC ini.

4. Mikrokontroler ARM

ARM adalah prosesor yang menggunakan arsitektur set instruksi 32 bit yang dikembangkan oleh ARM Holdings. ARM sendiri merupakan singkatan dari Advanced RISC Machine. Pada awalnya ARM prosesor dikembangkan untuk Personal saja, sebelum di dominasi Inter x86 yang menyebabkan Acorn Computer bangkrut.

Demikian artikel tentang Komputer Terapan Jaringan. Jika bermanfaat silahkan bagikan ke sosial media ataupun teman kamu yang membutuhkan ya…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*