Jenis jenis VGA dan penjelasan beserta merk yang direkomendasi

Jenis jenis VGA dan penjelasan beserta merk yang direkomendasi | BloggerDeso251 – VGA merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk kepentingan video dan grafis komputer. Pada beberapa jenis processor, VGA ini telah tersematkan didalamnya. VGA biasanya disebut dengan GPU (Graphics Processing Unit) dan ini sebenarnya tidak terlalu pengaruh terhadap kinerja komputer jika hanya untuk browsing dan penggunaan standard.

Tapi, kebutuhan akan VGA akan terasa ketika kamu memainkan game HD atau ingin memutar video dengan kualitas video kualitas tinggi. Jika spesfikasi VGA sangat rendah bisa saja ketika memutar video, layar akan terasa macet atau lag. Ini sebenarnya bukan processor nya yang lemot tapi kapasitas VGA nya yang kurang.

Jenis jenis VGA dan penjelasan beserta merk yang direkomendasi untuk anda

Fungsi VGA Card
VGA diciptakan untuk membantu pengolahan grafis, sehingga video atau grafis yang ditampilkan bagus, tajam dan enak dilihat. Berikut adalah beberapa fungsi utama VGA :

  1. Membantu dalam desain grafis baik 2D dan 3D.
  2. Grafis game full HD dapat ditampilkan dengan baik.
  3. Tampilan layar menjadi lebih tajam dan jernih.
  4. Dapat mengkoneksikan laptop atau PC ke layar TB dengan menggunakan kabel HDMI.

Jenis – Jenis VGA
Secara umum, jenis VGA terbagi menjadi 2. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis VGA yang banyak digunakan pada perangkat komputer.

  1. VGA On-Board
    Selaras dengan namanya, VGA Onboard merupakan jenis VGA yang banyak digunakan pada komputer atau laptop yang telah terpasang pada motherboard. VGA jenis ini dalam kinerjanya memanfaatkan memory komputer atau RAM.

    Pada umunya VGA On-Board memiliki spesifikasi rendah. Penggunaan VGA On-Board biasanya diperuntukkan untuk desain grafis 2D dan pekerjaan standard. Biasanya VGA ini banyak terpasang pada komputer personal, komputer kantor, laptop dengan layar 10 inch, dan laptop dengan harga kisaran 2 juta – 3jutaan.

    Meskipun tergolong spesifikasi rendah, tapi VGA On-board memiliki keunggulan lhoh. Keunggulan VGA On-Board adalah perawatannya mudah, harganya jauh lebih murah dan sudah mampu jika digunakan untuk kebutuhan standar.

  2. VGA Add-On (VGA Card)
    Berbeda dengan jenis sebelumnya, VGA Add-On ini terpisah dengan motherboard, sehingga membutuhkan socket tertentu untuk menginstallnya. Dalam kinerjanya, VGA Add-On tidak mengandalkan RAM. Hal tersebut dikarenakan VGA ini terpisah dari motherboard, sehingga tidak bergantung kepada RAM.

    Jenis VGA Add-On ini dapat kamu upgrade ke spesifikasi yang lebih tinggi. Jika kamu menggunakan spesifikasi yang tinggi, maka akan menambah performa dan tampilan grafis menjadi lebih baik. Bermain game full HD atau video kualitas tinggi tidak akan lag atau patah-patah.

    Video Add-On ini biasanya banyak kita temui pada komputer dengan serie tinggi seperti PC gaming dan desain berat. Keunggulannya mungkin pada sistem pendinginan yang lebih baik sehingga tidak cepat panas. Mampu menampilkan grafis 3D serta game berat dengan sempurna.

    Jika kamu merasa belum puas dengan kinerjanya, kamu bisa upgrade ke versi yang lebih tinggi misalnya VGA GTX RTX yang saat ini paling baru dan terbaik. Tapi, pada beberapa VGA serie high  harganya bahkan bisa lebih mahal dari satu unit komputer.

Merk VGA yang Direkomendasikan
Nah, kali ini admin BloggerDeso251 akan memberitahu beberapa merk VGA rekomendasi untuk keperluan gaming atau grafis berat.

  1. MSI GTX 750 OC 2Gb DDR5 N750 dengan harga Rp. 1.795.000
  2. ASUS GTX 750 OC 1Gb 128Bit DDR5 dengan harga Rp. 1.900.000
  3. Zotax GTX 750 Ti 0C 2Gb DDR5 dengan harga Rp. 1.717.000
  4. GIGABYTE Radeon R7 250X 2Gb 128-Bit GDDR5 dengan harga Rp. 1.770.000

Demikian artikel tentang Jenis-jenis VGA dan penjelasan beserta merk yang direkomendasi. Jika bermanfaat silahkan share ke teman/kerabat ataupun sosial media kalian ya terima kasih…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*