Jenis Jenis Komputer Terapan Jaringan2

Jenis Jenis Komputer Terapan Jaringan | BloggerDeso251 – Ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang akan membahas mengenai jenis jenis komputer terapan jaringan. Jenis jenis komputer terapan jaringan kali ini akan dibagi menjadi tiga berdasarkan fungsi alat, alat koneksi dan beserta ukurannya. Berikut adalah jenis jenis komputer terapan jaringan.

Jenis Jenis Komputer Terapan Jaringan-Jaringan

1. Jenis Komputer Jaringan berdasarkan fungsi alat

a. Jaringan nirkabel atau wireless adalah teknologi transmisi tanpa menggunakan kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel. Sebuah jaringan nirkable yang memanfaatkan frekuensi tinggi gelombang radio dari kabel untuk berkomunikasi antar node adalah pilihan lain untuk jaringan rumah atau bisnis.

Individu dan organisasi dapat menggunakan opsi lain supaya dapat memperluas jaringan yakni dengan menggunakan wireless yang nanti akan memungkinkan perangkat untuk berbagi tanpa menggunakan kabel. Dengan menggunakan wireless akan meningkatkan mobilitas.

Jaringan nirkabel memang dapat diandalkan dalam hal menghemat biaya, akan tetapi nirkabel mudah terganggu apabila frekuensi radio yang digunakan bertabrakan dengan frekuensi lain. Tentu saja untuk mencari frekuensi yang berbeda dari frekuensi frekuensi yang ada cukup sulit. Untuk kecepatan akses dari nirkabel juga masih kalah jauh dengan jaringan wired.

b. Jaringan wired (kabel) adalah jarkom yang memanfaatkan kabel jaringan untuk menstransmisikan data. Jaringan kabel juga bisa disebut dengan jaringan ethernet dan ini merupakan jenis yang paling umum digunakan pada Local Area Network.

Ada beberapa jenis topologi jaringan jika menggunakan kabel sebagai media penghubungnya. Namun kali ini saya tidak akan membahas topologi jaringan. Kabel jaringan ini biasanya dihubungkan pada komputer melalui port ethernet atau yang biasa kita sebut RJ45.

2. Jenis Komputer Jaringan berdasarkan alat koneksi

a. Client server merupakan arsitektur jaringan yang memisahkan client dengan server. Client server ini menggambarkan hubungan antara dua program komputer dimana satu program, klien membuat permintaan layanan dan server memberikan atau memenuhi permintaan tersebut.

Dalam sebuah jaringan model client – server menyediakan cara yang nyaman untuk saling menghubungkan program yang didistribusikan secara efisien ke lokasi yang berbeda. Transaksi antara client server adalah model yang sangat umum, misalnya untuk memeriksa rekening bank dari komputer melalui program klien yang meminta program pada server dibank. S

b. Hybrid Network adalah network yang dibentuk dari berbagai topologi dan teknologi yang mutakhir. Sebuah jaringan hybrid memiliki semua karakteristik dari topologi yang terdapat dalam jaringan tersebut, dikarenakan topologi ini menggabungkan banyak topologi.

Maka kelebihan dan kekurangan dari jaringan hybrid ini sesuai dengan kelebihan dan kekurangan dari masing masing jenis topologi yang tergabung didalam jaringan hybrid tersebut.

3. Jenis Komputer terapan jaringan berdasarkan ukuran

a. Local Area Network
LAN ini merupakan jaringan yang biasanya digunakan untuk lokal area seperti jaringan dalam satu rumah, antar gedung, kampus, kantor atau lingkup satu sekolah saja.

b. Metropolitan Area Network
Jaringan ini merupakan jaringan yang biasanya untuk menghubungkan komputer dalam satu kota. Jaringan ini memiliki kecepatan transfer yang cukup tinggi dan biasanya digunakan untuk menghubungkan antar universitas, sekolah, antar kantor yang biasanya dalam kota yang sama.

c. Wide Area Network
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area besar antar kota, negara ayau bahkan bisa mencakup antar benua. Jaringan ini membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

d. Internet
Internet memang sudah familiar kita dengar dan internet bisa menghubungkan kita ke seluruh dunia. Untuk terhubung ke internet biasanya melalui jaringan yang disediakan ISP (Internet Service Provider).

Demikian artikel tentang Jenis Jenis Komputer Terapan Jaringan-Jaringan. Jika bermanfaat silahkan bagikan ke sosial media kalian ya…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*