Cara Mengompress Ukuran Video tanpa Mengurangi Kualitas

Cara Mudah Memperkecil Ukuran Video tanpa Mengurangi Kualitas – Kadang saat kita membuat video dengan kualitas yang tinggi dan bagus akan membuat ukuran video tersebut semakin besar. Dengan ukuran video yang cukup besar kemungkinan akan susah untuk mengupload ke internet atau mungkin akan mudah menghabisi penyimpanan di drive temen – temen.

Nah, mungkin artikel saya kali ini akan membantu temen – temen yang ingin sekali mendapatkan hasil video yang berkualitas dan bagus tapi dengan syarat ukuran video nya kecil. Yap, solusinya ialah mengompress atau memperkecil ukuran video tsb. Terkadang, saat kita mengompress video sehingga ukuran file nya menjadi kecil namun kualitas video tersebut pun ikut kecil. Tapi, temen – temen semua tak usah khawatir karena artikel saya kali ini akan membagikan Cara Memperkecil Ukuran Video tanpa harus mengurangi kualitas yang ada.

Cara Mengompress Ukuran Video tanpa Mengurangi Kualitas

Pada kesempatan kali ini, saya akan menggunakan software “HANDBRAKE“. Bagi temen – temen yang sering convert video mungkin sudah tidak asing lagi software yang satu ini. Software ini dibagikan secara Open source atau gratis hampir ke semua platform seperti Windows, MacOS X, dan Linux.

  1. Mengoptimasi Setting Video Encoder
    Sebelum temen – temen semua memulai konversi video maupun audio menggunakan Handbrake. Ada baiknya kita terlebih dahulu untuk mengenal kriteria – kriteria apa saja yang temen – temen inginkan. Biasanya kriteria tersebut seperti:
    • Ukuran File yang Kita Ingin kan
    • Kecepatan Encoding
    • Kualitas Video

      Menurut saya sendiri bahwa Setting Encoder harus imbang dari segi Kualitas Video yang dihasilkan begitu juga ukuran File hasil Konversi tersebut. Waktu yang digunakan untuk memproses konversi video terssebut pun harus masuk di akal, tapi terkadang perbedaan Waktu Encoding pun ikut menentukan hasil dari akhir konversi. Jika kita melihat empat atau lima tahun kebelakang untuk mengkonversi sebuah DVD harus memerlukan waktu hingga 8 Jam. Namun, pada saat ini mengkonversi DVD ke Format Lain hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 Menit an.

  2. Gunakanlah File Video yang Kompatible
    Saya sangat menyarankan untuk menggunakan File Video yang Kompatible. Sebagai contoh, AVI adalah file format video yang sudah terkenal serta kompatible hampir pada semua platform dan sudah banyak didukung oleh banyak perangkat dan software yang ada di pasaran. Sama seperti MP4 yang memang sudah terkenal dan banyak didukung oleh banyak perangkat dan software. Berbeda dengan MKV, file format video yang sudah terkenal dan tidak asing namun masih belum banyak didukung oleh perangkat dan software.
  3. Video Codec
    Mungkin bagi anda yang sudah berkecimpung di dunia Audio / Video sudah tidak asing lagi dengan yang namana Codec. Codec sendiripun memiliki beberapa macam fungsi dan kegunaanya. Beberapa Video Codec yang ada sangat bermanfaat dalam hal mengkompresi audio / video. Saya sendiri menyarankan untuk menggunakan Codec h264 pada Settingan Handbrake.
  4. Bitrates
    Banyak yang beranggapan bahwa Bitrates yang tinggi mampu membuat kualitas video semakin tinggi. Tapi kenyataanya tidaklah begitu. Saya sarankan untuk menggunakan Opsi never use a bitrate higher than the source file pada settingan Handbrake
Nah, baiklah segitu saja dari saya. Semoga beberapa tips sekaligus Cara Memilih Settingan pada Software Handbrake dapat membantu temen – temen semua yang sedang ingin mengompress video tanpa mengurangi kualitas video tsb.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*