Cara Konfigurasi DNS Server pada Debian 6

Cara Konfigurasi DNS Server pada Debian 6 | BloggerDeso251Seperti yang kita tahu bahwa OS Debian memiliki kestabilan system yang bagus serta keamanan jaringan yang kuat. Sehingga Debian menjadi pilihan terbaik untuk menjadi pengatur sebuah jaringan atau disini bisa dikatakan sebagai server. Dalam membuat jaringan komputer dengan debian diperlukan sebuah konfigurasi supaya jaringan tersebut bisa digunakan.

Cara Konfigurasi DNS Server pada Debian 6

Salah satu yang konfigurasi yang akan saya sampaikan kali ini adalah konfigurasi DNS Server pada OS Debian 6. DNS atau kepanjangan dari Domain Name Server adalah sebuah distribusi database system yang berfungsi untuk pencarian nama komputer (name resolution) pada jaringan yang menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Langkah Langkah Konfigurasi DNS Server pada Debian 6

  1. Langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke jaringan router.
  2. Selanjutnya adalah menginstall paket DNS nya yakni “bind9”. Cara menginstall DNS nya adalah dengan menuliskan syntax berikut : root@server:~# apt-get install bind9. Setelah itu tekan enter dan tunggu installasi selesai. Setelah selesai di install saatnya untuk konfigurasi DNS.
  3. Langkah ketiga adalah menuliskan syntax “nano /etc/bind/named.conf.default-zones”. Setelah itu tekan enter dan akan muncul sebuah tampilan interface. Setelah muncul inteface tersebut, silakan copy syntax berikut:
    zone “localhost” {
    type master;
    file “/etc/bind/db.local”;
    };
    Zone “127.in-addr.arpa” {
    Type master;
    File “/etc/bind/db.127”;

    };
  4. Copy semua syntax diatas dan paste dibawah semua syntax yang muncul pada interface sesuai yang saya jelaskan pada point ke 3.

    Nb :
    localhost : silakan ganti sesuai dengan domain yang kamu inginkan (misal : muncen.com)
    file “/etc/bind/db.local” adalah letak file domain yang diedit
    zone “127.in-addr.arpa” : silakan ubah sesuai kepala IP yang akan kamu gunakan (misalnya : 192.in-addr.arpa)

  5. Copy paste lagi syntax diatas, kemudian konfigurasi localhost menjadi domain lain dan zone ubah menjadi IP lain. Fungsi syntax kedua ini adalah untuk sebagai virtual saja.
  6. Setelah selesai semua, silakan save dan exit. Fungsi perintah ini adalah menyimpan dan keluar.
  7. Setelah keluar, ketikan perintah atau syntax berikut : nano /etc/bind/db.local. pada langkah ini kita akan membuat DNS terlebih dahulu. Setelah menulis syntax tersebut akan muncul interface berikut.
     
    Konfigurasi DNS Server pada Debian 6

    Kemudian, edit localhost menjadi domain yang kamu inginkan. Setelah selesai simpan dan keluar.

  8. Langkah kedelapan adalah mengkonfigurasi DNS virtual dengan mengetik kode nano /etc/bind/db.local. Lalu enter dan akan muncul interface sama seperti diatas. Ubahlah localhost dengan domain virtual sama seperti konfigurasi pada nomor 5.
  9. Langkah ke 9 adalah konfigurasi IP. Caranya adalah ketik angka nano /etc/bind/db.127. Kemudian enter dan akan muncul interdace seperti pada gambar berikut.
    Cara Konfigurasi DNS Server pada Debian 6 terbaru 2018

    Edit pada bagian 1.0.0 dan localhost dengan IP yang sama seperti konfigurasi pada nomor 4.

  10. Langkah ke 10 sama seperti pada nomor 9 tetapi pada konfigurasi kali ini adalah untuk mengatur IP virtual. Setelah itu save and exit.
  11. Restart bind9 dengan menuliskan syntax berikut : /etc/init.d/bind9 restart lalu enter.
  12. Langkah terakhir adalah melakukan testing pada DNS-nya dengan menggunakan perintah nslookup. Contoh syntax : nslookup muncen.com. Kemudian tekan enter apabila muncul interface alamat server, name dan address sesuai dengan konfigurasi, maka konfigurasi DNS Server pada Debian telah berhasil.
Kamu bisa mencoba testing dengan menggunakan alamat domain dan testing dengan menggunakan alamat IP.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*