Apa sih tanggungjawab seorang administrator jaringan ?

Tanggungjawab seorang administrator jaringan, Sebuah jaringan tidak akan bisa selamanya dalam keadaan baik. Oleh karena itu dibutuhkan seorang administrator yang bertugas untuk memelihara jaringan. Namun ada tugas serta tanggungjawab lain yang harus dilaksanakan oleh seorang administrator jaringan.

Secara umum administrator jaringan adalah merancang dan merencanakan jaringan,  menyiapkan jaringan, mempertahankan jaringan, memperluas jaringan dan memelihara jaringan.
Setiap area tugas sesuai dengan fase dalam siklus hidup terus jaringan. Kamu mungkin bertanggungjawab tidak untuk semua fase namun bisa mengkhususkan diri dalam bidang tertentu misalnya pemeliharaan jaringan.

1. Merancang Jaringan

Tahap pertama dari siklus hidup jaringan komputer adalah melibatkan penciptaan desain, tugas ini biasanya tidak dilakukan oleh seorang administrator jaringan baru atau biasanya dilakukan oleh seorang yang memang sudah berpengalaman dalam jaringan.
Merancang sebuah jaringan melibatkan keputusan mengenai jenis jaringan yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi kamu. Dalam situs atau jaringa yang lebih besar tugas semacam ini dilakukan oleh arsitektur jaringan senior atau seorang administrator jaringan yang berpengalaman akrab dengan perangkat jaringan baik hardware jaringan maupun software jaringan.
Dalam perancangan jaringan juga melibatkan perencanaan TCP/IP jaringan dan ini termasuk kedalam desain sebuah jaringan.

2. Menyiapkan Jaringan

Setelah rancangan jaringan selesai, tahap kedua dari adminitrasi jaringan adalah menyiapkan jaringan. Persiapan jaringan disini termasuk dalam pengaturan dan konfigurasi jaringan. Selain itu terdiri dari penginstallan perangkat keras yang merupakan bagian fisik jaringan, konfigurasi database, host, router, serta konfigurasi server jaringan.
Tugas yang terlibat dalam persiapan jaringan adalah tanggungjawab utama untuk seorang administrator jaringan. Kamu bisa melakukan tugas ini tetapi untuk jaringan organisasi kecil, sebab arsitekturnya masih sederhana. Namun untuk organisasi besar dengan jaringan yang rumit bisa dilakukan oleh seorang administrator jaringan senior.
Sedangkan untuk administrasi TCP/IP berisi petunjuk untuk melakukan tugas tugas yang terlibat dalam fase ini yang merupakan bagian dari siklus hidup jaringan.

3. Mempertahankan Jaringan

Tahap ketiga dari administrasi jaringan adalah mempertahankan jaringan yakni terdiri dari beberapa macam tugas, misalnya seperti menambahkan perangkat host kedalam jaringan, mengelola keamanan jaringan, layanan administrasi seperti NFS TM, layanan nama, dan surat elektronik.
Konfigurasi jaringan klien menjelaskan cara mengatur host baru pada jaringan yang ada, sehingga arsitektur jaringan tetap pada desainnya dengan penambahan fitur fitur yang baik.

4. Memperluas Jaringan

Semakin lama jaringan terpasang, maka semakin lama organisasimu menginginkan penambahan layanan yang kemudian ingin memperluas fitur dan layanan. Pada awalnya kamu dapat menambahkan populasi jaringan dengan menambahkan host baru seperti penambahan router atau hub serta memperluas layanan jaringan dengan menyediakan software tambahan.
Beberapa pilihan yang tersedia untuk memperluas jaringan adalah sebagai berikut :
  • Menyiapkan jaringan baru dan menghubungkan ke jaringan yang ada dengan menggunakan perangkat tambahan seperti router sehingga dapat menciptakan sebuah internetwork.
  • Konfigurasi jaringan rumahan dan kator terpencil dapat dihubungkan melalui jaringan atau kabel telepon.
  • Menghubungkan ke jaringan internet, hal ini tentu saja pengguna jaringan Anda dapat mencari segala informasi melalui internet.
  • Konfigurasi komunikasi UCP yakni memungkinkan pengguna untuk saling bertukar file dan surat elektronik dengan perangkat remote.

Konfigurasi TCP/IP juga sangat penting dilakukan karena arus data harus melalui aturan yang menjelaskan bagaimana perangkat lunak aplikasi dan perangkat keras berinteraksi dalam jaringan. Untuk jaringan yang baik, maka konfigurasi TCP/IP harus dilakukan dengan benar sesuai dengan standar protokol. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*