Akibat dan Cara Memakai Sinyal 4G Only di HP Android

Akibat Memakai Trik Sinyal 4G Only di HP Android,- Jaringan tercepat saat ini adalah jaringan 4G LTE, diatasnya HSDPA tentunya. Dengan menggunakan jaringan 4G aktifitas seperti gaming online, streaming film dan lain sebagainya pasti lebih lancar.

Namun masih sangat disayangkan jaringan 4G LTE ini belum menyebar ke seluruh pelosok Nusantara. Untuk beberapa provider seperti Tri, Telkomsel dan XL sudah cukup luas jangkauan 4G LTE nya. Tetapi jangkauan tersebut masih minim dan kecepatannya belum maksimal.



Bagi pengguna telkomsel mungkin sudah cukup bagus jaringannya meskipun berada di desa pelosok, karena memang provider yang satu ini merupakan penyedia layanan telekomunikasi terluas di Indonesia. Untuk provider lain, biasanya jaringan 4G dapat ditemukan di kota besar atau kota madya dan kabupaten.

Jaringan 4G dapat dikunci pada HP Android


Tahukah kamu bahwa jaringan 4G dapat digunakan meski hanya terdapat sinyal 1 digit saja ? Ya, trik kali ini akan membahas mengenai trik membuat HP kamu berada di jaringan 4G meskipun jaringan 3G lebih kuat.

Biasanya di HP Android, meskipun sudah disetting ke prioritas LTE, HP akan tetap mencari sinyal terkuat. Dengan kata lain, HP akan tetap mengambil jaringan 3G jika memang kekuatan sinyal nya lebih kuat. Jika kamu ingin mendapatkan jaringan 4G secara terus menerus, kamu bisa melakukan trik berikut.

– Buka HP Android kamu dan tekan telepon/kontak

– Kemudian ketika *#*#4636#*#*

– Setelah diketik akan muncul pengaturan telepon, silakan pilih SIM berapa yang ingin di lock 4G

– Kemudian klik pada “Setel jenis jaringan yang disukai:”

­­- Disana tersedia berbagai macam pengaturan, untuk WCDMA, TD-SCDMA, CDMA adalah pilihan untuk konektivitas 3G/HSDPA+. Kalau UMTS adalah untuk memilih jaringan 2G/Edge. Oke, karena kita akan mengunci jaringan ke 4G saja, maka pilih settingan LTE only.

– Setelah dipilih akan tersimpan otomatis dan kamu akan melihat sinyal jaringan berada di 4G LTE.

– Perlu diingat, jika setelah setting sinyal bar tertulis Tidak ada layanan, itu berarti memang didaerah kamu tidak ada sinyal 4G sama sekali. Cara diatas hanya bisa digunakan untuk daerah yang terjangkau 4G meski hanya 1 digit sinyal saja. Kalau yang belum terjangkau sinyal 4G sama sekali bagaimana ? Ya, kita gunakan jaringan 3G saja.

Dampak Mengunci Jaringan di 4G only


Setiap hal pasti ada dampak baik dan tidak baik, tak terkecuali dengan trik mengunci 4G only ini. Jika kamu menggunakan trik tersebut maka HP kamu akan berakibat positif dan negatif.

1. Dampak Positif

– Jaringan internet menjadi semakin cepat dan untuk streaming semakin lancar

– Akan diuntungkan bagi pengguna kuota yang hanya bisa digunakan pada jaringan 4G. Karena kuota jenis 4G sangat murah, baik telkomsel atau provider lainnya.

2. Dampak negatif

– Tidak selamanya jaringan 4G lebih cepat dari 3G/HSDPA, karena semua itu tergantung dari kekuatan sinyal. Jika di daerah kamu lebih kuat sinyal 3G/HSDPA, maka lebih baik menggunakan jaringan tersebut. Saya sudah membuktikan bahwa sinyal kuat H+ lebih cepat dibanding sinyal 4G yang hanya 1 digit saja.

– Tidak bisa dial up (mengecek pulsa/kuota), jadi untuk mengecek pulsa/kuota kamu harus mengubah settingan ke Auto atau memilih settingan TD-SCDMA/WCDMA.

– Tidak bisa menerima panggilan telepon. Hal ini terjadi karena panggilan telepon (menggunakan pulsa) hanya bisa dilakukan pada jaringan 2G/3G, kecuali untuk smartfren GSM 4G yang sudah menggunakan teknologi VoLTE, sehingga dapat menerima atau melakukan panggilan telepon biasa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*